Sakit Sariawan

Baru-baru ini terdapat kasus pelarangan penggunaan salah satu obat sariawan yang sudah terkenal dan sering digunakan oleh masyarakat oleh BPOM. Untuk itu Anda harus berhati-hati dalam memilih obat yang tepat untuk mengobati sakit yang Anda derita.

Tapi Anda tidak perlu khawatir karena sakit sariawan dapat disembuhkan dengan cara alami hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitar Anda.

Sebelumnya pada kesempatan ini obatsakit.info akan membahas apa itu sariawan dan apa penyebabnya.

Sariawan adalah infeksi jamur

Sakit Sariawan

Sariawan yang sering muncul di bibir bagian dalam, gusi atau dinding mulut adalah sejenis luka yang berwarna putih dan muncul karena adanya infeksi jamur Candida albicans.

Orang yang terinfeksi jamur jenis ini biasanya karena kondisi kekebalan tubuhnya yang sedang menurun sehingga mudah terinfeksi. Lidah tergigit sedikit saja atau gusi tersodok ketika menggosok gigi akan menjadi luka yang akhirnya berujung sariawan.

Selain kondisi kekebalan tubuh yang sedang menurun, sakit sariawan juga bisa disebabkan oleh alergi makanan, siklus menstruasi, kurangnya kebersihan mulut, sedang stres atau ketidakseimbangan hormon. Sakit sariawan bisa juga timbul pada anak-anak yang disebabkan karena penyakit mulut, tangan dan kaki.

Rasa yang dirasakan oleh penderita sariawan adalah rasa perih pada area luka yang terkena sariawan. Dimana ketika digunakan untuk minum, makan akan terasa perih dan sakit. Karena sakit perih ini biasanya penderita sariawan akan membeli obat-obatan yang ada di pasaran untuk menyembuhkan sariawan.

Termasuk menggunakan salah satu obat sariawan yang paling ampuh dan terkenal yaitu Albothyl. Tapi ternyata obat sakit sariawan ini dilarang oleh BPOM karena mengandung bahan yang dilarang.

Nah, untuk menghindari resiko memilih obat-obatan yang tidak aman tersebut, Anda bisa menyembuhkan sariawan dengan bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda.

Berikut cara alami untuk menyembuhkan sariawan dari luar

1. Gunakan irisan bawang putih

Bawang putih adalah bahan yang lebih populer sebagai bumbu masak yang wajib ada. Tapi tahukah Anda jika bawang putih juga sangat berkhasiat untuk mengobati sariawan.

Bawang putih mentah memiliki kandungan senyawa alisin yang dapat menghambat pertumbuhan jamur dan dapat mencegah aktivitas bakteri di dalam tubuh.

Cara penyembuhannya yaitu dengan mencuci bersih bawang putih kemudian dipotong-potong dan langsung dioleskan pada area yang terkena sariawan.

2. Berkumur dengan air garam

Garam adalah fermentasi dari air laut yang akhirnya dijadikan sebagai bahan penyedap masakan yang memiliki rasa asin. Namun tahukan Anda jika garam juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit sariawan.

Garam bisa menarik cairan pada luka sariawan. Hal ini dapat mempercepat proses pengeringan luka sakit sariawan yang akhirnya mempercepat proses penyembuhan sakit sariawan tersebut.

Cara penyembuhannya yaitu campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur sekitar satu sampai dua menit.

Lakukan hal ini tiga kali sehari. Atau bisa juga dengan mengoleskan garam pada area luka sariawan sesaat kemudian bilas. Lakukan hal ini dengan rutin sampai sakit sariawan sembuh.

3. Berkumur dengan air kayu manis

Tahukah Anda kalau kayu manis sangat efektif mengobati sakit sariawan. Kayu manis memiliki sifat antiparasit dan antijamur. Jadi kayu manis sering digunakan sebagai bahan alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit salah satunya sakit sariawan.

Cara penyembuhannya yaitu rendam sepotong kecil kayu manis pada 1,5 cangkir air panas selama kurang lebih 5 menit. Habis itu angkat dan biarkan sampai air menjadi dingin agar bisa digunakan untuk berkumur-kumur agar luka di area sariawan tercuci oleh rebusan air kayu manis tersebut.

Khusus untuk Ibu hamil yang terkena sariawan cara ini masih boleh dilakukan tapi dengan jumlah kayu manis yang tidak terlalu banyak. Kadar vitamin C yang tinggi pada kayu manis bisa membahayakan janin jika dikonsumsi terlalu banyak.

4. Oleskan minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat, dalam hal ini minyak kelapa murni. Minyak kelapa murni yang sering dikenal dengan virgin coconut oil memiliki kandungan utama yaitu asam laurat.

Asam laurat berguna untuk membangun sistem kekebalan tubuh dan dapat merusak bakteri patogen. Cara penyembuhannya yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa murni ke bagian area yang terkena sariawan, kemudian berkumur dengan air hangat.

Khusus untuk Ibu hamil yang terkena sariawan cara ini masih boleh dilakukan tapi dengan catatan tidak lama-lama menahan minyak kelapa di dalam mulut. Segera bilas hingga bersih dengan cara berkumur atau dengan menggosok gigi.

5. Kompres dengan es batu

Es batu memiliki kondisi yang dingin. Tempelkan es batu pada area luka sariawan, dinginnya es batu ini mampu mengurangi peradangan pada luka sariawan.

Suhu dingin yang dihasilkan oleh es batu tersebut dapat memperlambat aliran darah menuju area luka sariawan. Sehingga rasa nyeri dan pembengkakan yang terjadi akan berkurang atau bahkan hilang.

6. Oleskan yogurt tanpa gula

Yogurt adalah fermentasi yang dihasilkan oleh susu. Pada yogurt tedapat probiotik alami yang bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan jamur.

Bakteri Lactobacillus yang terkandung dalam yogurt mampu menyebar ke dalam tubuh melewati usus sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Sedangkan yogurt yang digunakan untuk mengobati sariawan adalah yogurt yang tidak mengandung pemanis, karena gula dapat memberikan lingkungan yang kondusif bagi jamur untuk lebih mudah tumbuh dan berkembang.

Cara penyembuhannya yaitu yogurt dapat diminum langsung atau dioleskan ke area luka sariawan dan dibiarkan selama kurang lebih 5 sampai 10 menit. Habis itu bilas dengan berkumur-kumur menggunakan air hangat.

7. Kompres dengan kantong teh

Kantong teh yang sudah diseduh jangan dibuang, karena kantong ini masih memiliki manfaat. Kantong teh celup (khususnya teh hitam) yang masih basah dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit dan peradangan.

Hal ini karena adanya kandungan tannin pada teh. Atau, Anda bisa menggunakan teh celup chamomile yang juga mengandung zat anti radang.

Demikian 7 tips menyembuhkan sariawan secara alami yang memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan disekitar Anda.

Cara-cara diatas adalah cara menyembuhkan sariawan secara alami dengan penyembuhan di luar tubuh. Ada beberapa cara alami untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan dari dalam tubuh.

Berikut cara alami untuk menyembuhkan sariawan dari dalam

Sayur-sayuran dan buah-buahan banyak mengandung vitamin C yang dapat mencegah bermacam-macam efek buruk peradangan. Sayur dan buah yang kaya akan vitamin C juga sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Beberapa ikan yang kaya akan kandungan omega 3 seperti tuna, salmon dan sarden juga dapat mempercepat proses penyembuhan sakit sariawan.

Apabila sakit sariawan lama sembuhnya dan malah semakin besar juga disertai sakit demam, diare serta sakit kepala, maka segera periksakan diri Anda ke dokter.

Bisa jadi, sakit sariawan tersebut merupakan gejala awal dari penyakit yang lebih parah dan serius seperti Celiac disease, Chron’s disease ataupun penyakit HIV/AIDS yang sangat berbahaya.

Jika Anda mengalami ini, maka segera konsultasi ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat yang dapat mempercepat pemulihan luka sariawan ataupun mengobati penyakit pemicunya.

Pada intinya, dengan kondisi kekebalan tubuh yang sangat lemah maka sangat rentan terkena penyakit sariawan. Sariawan yang terjadi bisa menjadi sinyal yang dikirim tubuh untuk menjalani hidup yang lebih sehat.

Selalu makan buah dan sayur yang mengandung banyak gizi dan itamin agar kekebalan tubuh selalu prima dan bugar. Lakukan secara teratur membersihkan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sela-sela gigi yang dapat mencegah sariawan. Sikat gigi Anda secara teratur sehabis makan dan sebelum tidur.

Jika ingin menggunakan obat-obatan atau obat kumur, pilih yang tidak mengandung alkohol dan tidak dilarang oleh BPOM.

Baca juga : Obat Sakit Tenggorokan

Demikian informasi tentang cara alami menyembuhkan sariawan baik dari luar ataupun dari dalam tubuh. Jika sariawan tidak sembuh-sembuh jangan sngkan-sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

Leave a Comment

× How can I help you?