Obat Sakit Pencernaan

Loading...

Obat Sakit Pencernaan – Ada beragam cara dan obat yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah sakit pencernaan. Disamping penangan secara medis oleh dokter. Kita sebenarnya juga bisa mengatasi masalah pencernaan ini secara mandiri dengan merubah pola makan dan gaya hidup.

Meskipun tidak parah. Semua orang tentunya pernah mengalami gangguan pada pencernaannya. Dari pada nantinya sibuk mengobati, rasanya lebih penting dan lebih baik bagi kita untuk berupaya mencegah gangguan pencernaan ini sedini mungkin dengan mengetahui semua seluk beluk yang berkaitan dengan pencernaan dan penyebab yang biasanya dapat mengakibatkan sakit pencernaan.

Obat Sakit Pencernaan

Loading...

Definisi Sistem Pencernaan

Sebelum membahas mengenai obat sakit pencernaan. Apakah Anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan sistem pencernaan itu sendiri ? jika belum, mari luangkan sedikit waktu untuk membaca ulasan singkat mengenai sistem pencernaan berikut ini.

Secara sederhana. Sistem pencernaan bisa diartikan sebagai proses pengubahan ukuran makanan yang masuk ke mulut dari ukuran besar menjadi ukuran yang lebih kecil dan halus. Juga, melakukan pemecahan molekul yang komplek menjadi molekul yang lebih sederhana.

Proses tersebut, dilakukan oleh organ-organ pencernaan dengan bantuan enzim, yang akan menghasilkan sari makanan berupa nutrisi yang selanjutnya akan diserap oleh tubuh.

Proses pencernaan makanan pada manusia

Mungkin sebagian dari kita belum mengetahui bahwa sebelum sisa makanan dikeluarkan oleh tubuh melalui anus, ia terlebih dahulu akan melewati beberapa proses yang disebut proses pencernaan. Setiap proses yang terjadi, dilakukan oleh organ pencernaan dan enzim yang berbeda-beda.

Berikut ini uraian proses pencernaan

Organ pencernaan pertama yang mengawali semua rangkaian proses pencernaan pada manusia adalah mulut. Mulut bertugas dalam proses pengunyahan makanan dengan gigi yang biasa disebut proses pencernaan mekanis. Selain itu, di mulut juga terjadi proses pencernaan kimiawi dengan enzim ptialin.

Setelah melalui proses pengunyahan. Makanan selanjutnya akan dikirim menuju lambung melewati organ pencernaan yang kita kenal dengan nama kerongkongan. Kemudian setelah sampai di lambung. Makanan selanjutnya akan diproses lagi oleh zat atau enzim berikut ini.

  • Renin – Enzim ini berfungsi untuk mengendapkan protein kasein yang berasal dari ASI.
  • Pepsin – Pepsin merupakan enzim yang bertugas untuk memecah protein menjadi pepton.
  • Lipase – Enzim lipase berfungsi sebagai pemecah lemak menjadi asam lemak serta gliserol.

Selanjutnya setelah diproses oleh lambung, makanan kemudian akan dibawa menuju usus dua belas jari. Di sini, makanan akan diproses menjadi gula sederhana oleh enzim amilase.

Proses pencernaan selanjutnya yaitu mengubah karbohidrat menjadi glukosa, lemak menjadi asam lemak, protein menjadi asam amino. Proses ini dilakukan oleh usus halus yang menerima kiriman hasil pemrosesan dari usus dua belas jari.

Dan yang terakhir. Sisa-sisa makanan yang tidak diserap oleh tubuh, akan dibawa menuju usus besar. kemudian bakteri escherichia coli yang bersarang di usus besar, akan melaksanakan tugasnya untuk mengubah sisa makanan menjadi feses sebelum dikeluarkan melalui anus.

Perbedaan pencernaan mekanis dan kimiawi

Pada uraian tentang proses pencernaan makanan pada manusia diatas. Terdapat dua istilah proses pencernaan, yaitu proses pencernaan mekanis dan proses pencernaan kimiawi. Sebenarnya apa maksud dari kedua proses pencernaan tersebut ? berikut ulasannya.

Pencernaan mekanis

Pencernaan mekanis ialah pencernaan yang berlangsung di mulut dengan bantuan gigi dan di lambung serta usus dengan bantuan gerka peristaltik.

Pencernaan kimiawi

Sedangkan pencernaan kimiawi merupakan pencernaan yang berlangsung dengan bantuan zat kimia dalam bentuk enzim.

Berikut ini beberapa perbedaan dari pencernaan mekanis dan pencernaan kimiawi.

Loading...
  1. Pencernaan mekanis akan menghasilkan perubahan fisik atau ukuran makanan. sedangkan pencernaan kimiawi akan menghasilkan perubahan yang bersifat kimiawi.
  2. Pencernaan mekanis berperan dalam proses pemecahan molekul makanan besar menjadi bagian kecil-kecil. sedangkan pencernaan kimiawi memiliki peran untuk memecah partikel besar menjadi molekul kecil.
  3. Pada pencernaan mekanis, proses pencernaan dilakukan dengan tindakan fisik seperti mengunyah dengan gigi. Sedangkan pencernaan kimiawi akan menggunakan bantuan enzim.
  4. Lokasi pencernaan mekanis umumnya terjadi saat makanan berada di mulut. Sedangkan pencernaan kimiawi sebagian besar terjadi pada bagian perut manusia.
  5. Pencernaan mekanis bisa dengan jelas dilihat prosesnya dan dirasakan prosesnya. Sedangkan pencernaan kimiawi tidak bisa dilihat secara langsung, hanya hasil reaksinya yang bisa dilihat.

Penyebab gangguan pencernaan

Setelah memahami tentang sistem pencernaan, proses pencernaan serta perbedaan pencernaan kimiawi dan mekanis. Sekarang saatnya kita masuk ke bahasan mengenai cara mengobati sakit pencernaan.

Namun sebelumnya, mari kita ketahui dulu apa saja yang bisa menjadi penyebab dari gangguan pencernaan ini.

1. Asam lambung

Asam lambung atau GERD disebabkan oleh berpindahnya asam lambung menuju kerongkongan. Gangguan penernaan ini akan memunculkan gejala nyeri ulu hati, rasa sakit saat menelan makanan dan rasa tidak enak di mulut.

2. Usus buntu

Usu buntu merupakan akibat dari pembengkakan atau peradangan yang terjadi pada usus buntu. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit usus buntu ini biasanya adalah rasa sakit pada perut bagian bawah.

3. Keracunan makanan

Harap berhati-hati dengan makanan yang tidak jelas asal usulnya. Karena ia bisa saja menjadi penyebab dari timbulnya gangguan pencernaan.
Gejala yang biasanya menjadi pertAnda bahwa Anda sedang keracunan makanan ialah hilang nafsu makan, muntah, demam, diare dan nyeri otot.

4. Wasir

Wasir bisa disebabkan karena kurangnya asupan makanan berserat. Wasir adalah kondisi dimana terjadi pembengkakan pembuluh darah di dalam atau di sekitar anus.

Gejala yang umumnya muncul pada penderita wasir diantaranya ialah rasa gatal di sekitar anus dan pendarahan setiap selesai BAB.

Obat Pencernaan Dari Bahan Alami

Seperti paparan di awal. Bahwa selain menggunakan perawatan secara medis, sakit pencernaan juga bisa diatasi secara mandiri dengan langkah-langkah serta obat-obatan dari bahan alami berikut ini.

1. Teh jahe

Jahe telah lama dikenal sebagai bahan alami yang dapat mengatasi masalah mual, sakit perut dan gangguan pencernaan. selain berperan dalam membantu proses pencernaan, jahe juga cukup ampuh dalam merangsang produksi air liur.

Hasil penelitian pun telah membuktikan bahwa jahe dapat menurunkan gula darah, kolesterol dan juga mengurangi pembengkakan.

2. Permen karet

Permen karet dapat mengatasi gangguan pencernaan berkat kelebihannya yang dapat memperbanyak produksi air liur.

Selain kandungan xylitol nya yang dapat mencegah gigi berlubang. Permen karet juga dapat menyegarkan napas dan mengurangi bau mulut.

Karenanya, jika memungkinkan, konsumsilah permen karet setiap selesai makan.

3. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung zat anti-inflamasi yang dapat menghaluskan kulit dan menyehatkan perut Anda. selain itu, meminum jus lidah buaya juga dapat mengurangi peradangan perut serta meredakan mulas dan GERD.

Tapi hati-hati. Jika Anda memiliki riwayat penyakit ginjal, penyakit hati, obstruksi usus atau radang usus buntu. Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi lidah buaya.

4. Chamomile

Chamomile memiliki kandunga sifat antispasmodic yang berguna dalam mengendurkan otot pada penderita sindrome iritasi usus besar. ia juga dapat mengatasi masalah pencernaan seperti diare, kram perut kolik dan gangguan pencernaan lainnya.

5. Baking soda

Karena kemampuannya dalam menyeimbangkan asam lambung. Baking soda sering dimanfaatkan sebagai obat maag atau refluks asam. Kemampuannya dalam membantu refluks, juga berkhasiat untuk meredakan mulas.

6. Hentikan kebiasaan berbaring setelah makan

Kebiasaan berbaring setelah makan adalah salah satu kebiasaan buruk yang dapat memicu munculnya gangguan pencernaan. Kebiasaan ini, dapat menghambat proses perpindahan makanan dari organ pencernaan atas ke organ pencernaan yang ada di bawahnya.

Hal ini sekaligus sebagai jawaban dari banyaknya orang yang sering mengalami rasa mulas di malam hari. Kemungkinan penyebabnya adalah kebiasaan orang-orang tersebut yang suka berbaring sehabis makan.

Baca juga : Obat Sakit Perut

Menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati sakit pencernaan memang terlihat cukup mudah dan murah. Namun, alangkah baiknya sebelum menggunakan bahan alami diatas, Anda terlebih dahulu harus berkonsultasi ke dokter mengenai cara penggunaan dan juga dosis yang tepat sesuai kondisi tubuh Anda.

Loading...

Leave a Comment

× How can I help you?