Obat Sakit Mata

Hampir semua orang pernah mengalami sakit mata, baik itu sakit mata merah, sakit mata bengkak, sakit mata belekan dan jenis sakit mata lainnya.

Untuk mengatasi sakit mata, selain mengetahui penyebabnya kita juga harus bisa mengidentifikasi gejala-gejala yang timbul. Dengan begitu kita akan mampu untuk melakukan penanganan yang lebih baik dan lebih tepat sebagai upaya menyembuhkan penyakit mata.

Obat Sakit Mata

Penyebab sakit mata

Sakit mata merah, bengkak dan belekan umumnya merupakan akibat dari beberapa penyebab sakit mata dibawah ini.

A. Penyebab Sakit mata merah

1. Mata kering
2. Kotoran yang masuk kemata
3. Pecah pembuluh darah mata
4. Radang konjungtiva
5. Alergi
6. Keratitis
7. Glaukoma

B. Penyebab sakit mata bengkak

1. Alergi
2. Gigitan serangga
3. Konjungtivitis
4. Iritasi mata
5. Kista chalazion
6. Radang kelopak mata
7. Selulitis
8. Infeksi bakteri
9. Bintitan
10. Tumor

C. Penyebab sakit mata belekan

1. Konjugtivitis
2. Blepharitis
3. Dacryocystitis
4. Timbilen
5. Ulkus kornea
6. Mata kering
7. Lensa kontak
8. Trauma mata
9. Infeksi mata

Obat Sakit Mata

Untuk mengobati ketiga jenis sakit mata tersebut, bisa menggunakan beberapa langkah pengobatan. Pengobatan yang bisa dilakukan yaitu dengan obat sakit mata yang dijual di apotik ataupun pengobatan menggunakan cara tradisional.

A. Obat sakit mata merah

Karena sakit mata merah bisa disebabkan oleh beberapa penyebab. Maka langkah yang paling tepat sebelum melakukan pengobatan terhadap penyakit mata merah ini ialah dengan mengetahui dulu gejala dan penyebabnya. Antara penyebab yang satu dengan yang lainnya, memiliki cara penanganan yang berbeda-beda.
Berikut ini beberapa cara untuk mengobati sakit mata merah berdasarkan penyebab dan gejalanya.

1. Sakit mata merah karena virus

Perlu diketahui bahwa sakit mata merah yang diakibatkan oleh virus biasanya sangat mudah menular. Selain itu, sakit mata karena virus, juga sangat sulit untuk diobati.
Langkah terbaik untuk mengobatinya ialah dengan cara mencegah terjadinya komplikasi.

2. Sakit mata merah karena infeksi bakteri

Ciri dari sakit mata merah yang disebabkan karena infeksi bakteri ialah terdapatnya cairan atau kotoran berwarna kuning ataupun hijau pada sudut mata penderita.

Untuk mengatasi penyakit mata merah dengan gejala dan ciri seperti ini, Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan dan menyerahkan penanganan kepada dokter.

Dokter mungkin akan melakukan penanganan dengan menyarankan Anda untuk mengkonsumsi antibiotik sebagai langkah untuk mempersingkat durasinya.

3. Sakit mata merah karena alergi

Jika sakit mata merah yang Anda derita diawali dengan gejala hidung tersumbat dan berair, maka besar kemungkinan penyebabnya adalah karena alergi.

Dalam kondisi yang tidak terlalu parah, Anda bisa mengobati sakit mata merah karena alergi dengan cara mandiri di rumah. Sedangkan apabila kondisinya parah, maka penanganan secara medis yang dilakukan oleh dokter merupakan langkah pengobatan yang paling tepat.

B. Obat sakit mata bengkak

Sama seperti sakit mata merah, pengobatan sakit mata bengkak juga harus disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit mata bengkak berdasarkan pada penyebab dan gejala yang ditimbulkan olehnya.

1. Sakit mata bengkak karena alergi

Cara terbaik untuk mengatasi sakit mata bengkak karena alergi adalah dengan menghindari alergi itu sendiri. Beberapa langkah pengobatan yang bisa Anda lakukan ialah melakukan pengompresan mata menggunakan kompres dingin.

Selain itu, obat-obatan golongan antihistamin seperti diphenhydramine jura terbukti mampu untuk mengurangi pembengkakan pada mata akibat alergi.

2. Mata bengkak karena cedera

Apabila mata tiba-tiba mengalami pembengkakan setelah terjadi benturan. Maka segeralah lakukan pengompresan dingin. Lakukan pengompresan dengan lembut di sekitar mata selama kurang lebih 10 menit.

Agar hasilnya maksimal, ulangi pengompresan ini dengan rutin setiap hari. Selain itu, tidur dengan posisi kepala agak tinggi, juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan mata bengkak.

3. Mata bengkak karena bintitan

Untuk mengatasi sakit mata bengkak yang disebabkan oleh bintitan, Anda bisa melakukan pengobatan mandiri dengan kompres hangat.

Lakukan pengompresan secara rutin setiap hari sekurang-kurangnya 3 kali. Selain itu, Anda juga dapat mempercepat proses pengobatan dengan cara selalu menjaga kebersihan mata.

C. Obat sakit mata belekan

Apabila tidak segera ditangani, sakit mata belekan bisa menganggu aktivitas dan mengurangi kepercayaan diri. Untungnya, kita bisa mengatasi sakit mata belekan ini dengan memanfaatkan beberapa bahan alami yang banyak tersedia di sekitar kita.

Nah berikut ini, beberapa obat sakit mata belekan alami yang bisa Anda gunakan.

1. Bawang putih

Selain digunakan sebagai bahan untuk membuat bumbu masakan. Manfaat bawang putih juga terkenal akan kandungannya yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan berbagai macam penyakit, salah satunya ialah penyakit mata belekan yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Kandungan zat yang dapat berperan sebagai pengusir dan pembunuh bakteri pada bawah putih, menyebabkan bawang putih sangat ampuh untuk mengatasi sakit mata belekan.

2. Madu

Madu yang tergolong madu murni juga sangat ampuh untuk mengobati sakit mata belekan. Anda bisa menggunakannya sebagai obat mata belekan dengan cara mengoleskan pada sekitar kelopak mata.

Setelah beberapa saat atau setelah mengering, Anda kemudian bisa membilasnya sampai bersih dengan air bersih.
Penggunaan madu murni sebagai obat mata belekan, dipercaya mampu untuk membantu proses penyembuhan dalam waktu yang cukup singkat.

Selain bawang putih dan madu murni. Beberapa bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat alami sakit mata belekan ialah daun sirih, mentimun, air mawar, tomat, air seledri, bunga kamboja dan lidah buaya.

D. Obat sakit mata untuk anak

Obat sakit mata untuk anak

Selain dapat menyerang remaja, orang dewasa serta orang tua. Sakit mata juga rentan terjadi pada anak-anak. Dan biasanya, jenis sakit mata yang menjangkiti anak-anak adalah sakit mata belekan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan beberapa obat sakit mata untuk anak-anak dibawah ini.

1. Mengobati sakit mata anak dengan obat dari dokter

Untuk sakit mata yang terjadi pada anak-anak. Dokter biasanya akan memberikan antibiotik berupa obat tetes mata dan salep.

Karena kedua obat ini akan menimbulkan efek samping berupa rasa perih di mata, maka saat mengaplikasikannya pada anak, Anda harus melakukannya dengan sangat berhati-hati.

2. Mengobati sakit mata anak dengan obat alami

Meskipun tidak secepat reaksi obat sakit mata yang berasal dari dokter. Namun obat sakit mata untuk anak yang terbuat dari bahan alami juga tidak kalah ampuh untuk menyembuhkan penyakit mata anak-anak.

Asalkan dilakukan secara rutin dan teratur, pengobatan sakit mata anak dengan beberapa obat alami dibawah ini juga dipercaya mampu untuk menyembuhkan sakit mata pada anak.

  • Bawang putih
  • Daun sirih
  • Daun melati
  • Susu murni

E. Obat sakit mata tradisional

Diatas telah disertakan beberapa obat sakit mata yang berasal dari bahan-bahan alami yang bisa didapatkan dengan mudah dan murah.

Nah sebagai pelengkap, Anda juga bisa menggunakan beberapa cara dan bahan alami dibawah ini sebagai obat sakit mata tradisional yang ampuh dan tanpa efek samping.

1. Kompres hangat

Kompres hangat merupakan cara yang paling mudah untuk mengatasi sakit mata. Anda bisa melakukan pengompresan menggunakan handuk kecil yang dicelupkan ke dalam air hangat. namun sebelum itu, pastikan handuk dan air yang Anda gunakan terbebas dari kotoran ataupun bakteri.

2. Larutan air garam

Air garam memiliki kandungan alami yang ampuh untuk mengusir bakteri penyebab sakit mata. Anda bisa menggunakannya untuk mengobati sakit mata dengan cara dibasuhkan pada sekitar mata yang sakit.

3. Teh hijau

Cara yang bisa Anda lakukan dalam memanfaatkan teh hijau sebagai obat sakit mata ialah dengan menyeduh teh hijau dan menggunakan air seduhan tersebut sebagai pencuci mata. selain itu, bekas seduhan kantung teh hijau, juga bisa Anda manfaatkan sebagai media kompres mata.

4. Susu dingin

Selain baik untuk pertumbuhan tulang. Susu juga ternyata bisa digunakan sebagai obat sakit mata. Cara menggunakannya ialah dengan menempelkan kapas yang sebelumnya telah dicelupi susu dingin pada mata yang sakit.

5. Air Kunyit

Bukan rahasia lagi bahwa kunyit adalah bahan alami yang memiliki berbagai macam kandungan yang baik untuk kesehatan. Beberapa kandungan tersebut ternyata juga dapat berperan sebagai antibiotik serta antiseptik yang mampu mencegah infeksi kulit dan sakit mata, utamanya sakit mata bengkak.

Selain bahan-bahan alami diatas. Beberapa bahan tradisional lainnya yang juga kerap dimanfaatkan sebagai obat sakit mata adalah biji ketumbar, bunga chamomile, minyak nabati dan cuka sari apel.