Obat Sakit Kepala

Salah satu sakit yang sering dialami orang adalah sakit kepala. Kepala terasa berat, pusing sebelah atau seakan-akan kepala memutar-mutar. Sakit kepala memang sangat mengganggu aktifitas penderitanya.

Penyebab Sakit Kepala

Sakit kepala bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Untuk bisa mengobatinya, maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengetahui dulu mengenai penyebab dari sakit kepala itu sendiri.

Jika melihat dari penyebabnya, maka sakit kepala ini bisa kita kelompokkan ke dalam dua jenis yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala skunder.

Cara Mengobati Sakit kepala

Anda dikatakan mengalami sakit kepala primer apabila sakit kepala yang Anda derita tidak merupakan imbas dari penyakit lain. Sedangkan bila sakit kepala yang Anda alami merupakan gejala dari penyakit lain, maka Anda dikatergorikan sedang terkena penyakit kepala skunder.

Penyebab dari sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder ini pun bermacam-macam. Untuk mengetahuinya silahkan simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

A. Sakit kepala primer

Ada 3 tipe sakit kepala primer yang saat ini sering terjadi yang selain disebabkan karena faktor keturunan, juga disebabkan karena buruknya pola dan kebiasaan hidup.

Ketiga tipe sakit kepala primer tersebut ialah :

1. Sakit kepala tegang

Dibandingkan tipe sakit kepala primer yang lain, sakit kepala tegang merupakan tipe sakit kepala primer yang paling sering terjadi. Penyebab dari sakit kepala tegang ini antara lain stress, depresi, kurang tidur, menunda waktu makan dan kebiasaan mengkonsumsi minuman keras.

2. Migrain

Tipe sakit kepala primer selanjutnya adalah migrain. Meski jarang terjadi, tapi migrain dapat mengganggu aktivitas keseharaian anda karena rasa sakitnya yang terus berulang. Untuk mengatasinya bisa dengan mengkonsumsi obat sakit kepala yang dijual bebas di toko obat atau apotek-apotek. Namun jika kondisinya terlalu parah, maka disarankan agar segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

3. Sakit kepala cluster

Penderita sakit kepala cluster akan merasakan rasa sakit yang sangat menyiksa. Bahkan rasa sakitnya kadang akan menjalar sampai ke salah satu bola mata. Sakit kepala primer tipe cluster ini juga bisa diredakan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di toko atau pun di apotik.

B. Sakit kepala skunder

Berbeda dengan sakit kepala primer. Sakit kepala skunder merupakan sakit kepala yang disebabkan karena adanya penyakit lain.

Beberapa penyebab umum yang sering mengakibatkan sakit kepala skunder ialah sakit gigi, flu, infeksi telinga, sinusitis, pengar, mengkonsumsi makanan dan minuman dingin secara tiba-tiba, gangguan penglihatan dan perubahan hormon pada wanita.

Nah setelah mengetahui jenis, tipe dan penyebab sakit kepala. Maka selanjutnya kita akan mengulas mengenai beberapa cara pengobatan yang bisa kita lakukan untuk mengatasi sakit kepala.

Cara Mengobati Sakit Kepala

A. Obat sakit kepala sebelah

Sakit kepala sebelah ada dibeberapa lokasi di sekitar area kepala:

  • Sakit kepala sebelah kanan
  • Sakit kepala sebelah kiri
  • Sakit kepala sebelah kiri belakang
  • Sakit kepala sebelah kanan belakang
  • Sakit kepala sebelah kiri sampai ke mata
  • Sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata

Sakit kepala sebelah atau migrain bisa diatasi menggunakan pengobatan dari bahan-bahan alami. Kita bisa menggunakan obat-obatan kimia dan juga obat-obatan yang terbuat dari bahan alami seperti dibawah ini.

Berikut Cara Mengobati Sakit Kepala Sebelah dengan Bahan Alami

1. Cuka apel

Cuka apel bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan sakit kepala sebelah karena kandungan gizinya yang melimpah. Selain dapat mengobati migrain, cuka apel juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Cara membuat dan mengkonsumsi ramuan obat sakit kepala sebelah dari cuka apel ialah :

  • Siapkan satu sendok makan cuka apel bersama segelas air.
  • Tambahkan satu sendok madu dan aduk sampai rata.
  • Minumlah setiap hari sampai rasa sakit di kepala anda mulai mereda.

2. Peppermint

Peppermint memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan saraf. Selain itu, ia juga dapat memberi efek anti kejang.

Anda bisa meminumnya bersama campuran madu ataupun mengoleskan satu tetes minyak pepermint pada area pelipis diiringi pijatan ringan untuk mengatasi sakit kepala sebelah. Ulangi cara ini sampai rasa sakit di kepala anda menghilang.

3. Cabai rawit

Cabai rawit dapat merangsang sirkulasi dan meningkatkan tekanan darah. Karena kemampuan tersebut, maka cabai rawit juga dipercaya dapat membantu penyembuhan sakit kepala sebelah.

Cara yang bisa anda lakukan untuk menggunakan cabai rawit sebagai obat alami sakit kepala sebelah adalah dengan membuat dan meminum ramuan yang terbuat dari cabai rawit, lemon dan madu serta segelas air hangat.

B. Obat sakit kepala belakang

Sakit kepala belakang ditandai dengan munculnya rasa sakit seperti ditindih oleh beban berat pada bagian belakang kepala. Untuk mencegah atau mengatasinya, anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Minumlah air mineral sebanyak-banyaknya

Sakit kepala kadang disebabkan karena kurangnya cairan di dalam tubuh. Oleh karena itu, ketika sakit kepala belakang mulai terasa, maka Anda bisa mengatasinya dengan cara mengkonsumsi air mineral dalam jumlah yang sedikit lebih banyak dari biasanya.

2. Peregangan

Biasakan untuk melakukan peregangan otot sebelum berolahraga. Hal ini untuk mencegah terjadinya cedera atau kecelakaan yang dapat menimbulkan sakit kepala belakang.

3. Mandi dengan air hangat

Bagi anda yang memiliki shower atau pancuran di dalam kamar mandi. Maka anda bisa memanfaatkannya sebagai terapi penyembuhan sakit kepala belakang. Caranya ialah dengan membiarkan air jatuh mengenai dan memijat bagian punggung kepala secara perlahan.

c. Obat sakit kepala pusing

Pusing merupakan efek atau gejala dari berbagai masalah kesehatan. Apabila gejala pusing mulai menyerang, maka Anda bisa mengatasinya dengan cara berikut ini.

  1. Menggunakan obat-obatan seperti obat anti migrain, obat anti mual, obat anti gelisah dan obat anti pusing seperti antihistamin, anticholinergics dan scopolamine.
  2. Terapi keseimbangan
  3. Operasi.

D. Obat Sakit Kepala Tradisional

Selain menggunakan obat-obatan yang terbuat dari bahan kimia. Sebenarnya kita juga bisa menggunakan obat tradisional untuk menyembuhkan sakit kepala.

Beberapa obat atau bahan-bahan tradisional yang bisa mengobati sakit kepala diantaranya :

  1. Bunga matahari
  2. Daun jeruk nipis
  3. Biji alpukat
  4. Daun teh mint
  5. Ikan laut
  6. Temu lawak
  7. Semangka
  8. Bawah putih
  9. Daun kencur
  10. Teh hijau
  11. Dan bangle

E. Obat Sakit kepala Untuk Ibu Hamil

Obat Sakit Kepala Untuk Ibu hamil

Umumnya pada trimester pertama dan ketiga saat kehamilan. Ibu hamil akan rentan terkena sakit kepala. Untuk mencegah dan mengatasi sakit kepala, ibu hamil bisa melakukan beberapa langkah dibawah ini.

1. Mengkonsumsi obat sakit kepala khusus ibu hamil

Karena sedang mengandung, maka ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi obat sakit kepala. Adapun obat sakit kepala yang aman bagi ibu hamil ialah paracetamol atau acetaminophen.

2. Menggunakan cara tradisional

Daripada mengkonsumsi obat kimia. Ibu hamil lebih disarankan untuk menggunakan cara-cara tradisional dibawah ini sebagai upaya mengatasi sakit kepala.

  • Menggunakan kompres dingin.
  • Mandi air dingin.
  • Makan dan minum secara teratur.
  • Menghindari kelelahan
  • Rutin berolahraga.
  • Melakukan pemijatan.
  • Menggunakan teknik akupuntur.

F. Obat sakit kepala untuk anak

Obat Sakit kepala Untuk Anak

Sama seperti sakit kepala pada ibu hamil. Sakit kepala pada anak juga tidak bisa diatasi dengan sembarang obat.

Beberapa rekomendasi obat sakit kepala yang aman untuk diberikan kepada anak-anak ialah:

  1. Parecetamol
  2. Ibuprofen
  3. Vitamin B2
  4. Magnesium
  5. Koenzim Q10

Nomor 3 sampai 5 pada daftar obat sakit kepala anak diatas sebenarnya tergolong ke dalam jenis vitamin dan suplemen. Namun khusus untuk anak-anak, ketiga vitamin dan suplemen tersebut, dipercaya dapat menyembuhkan sakit kepala yang mereka derita.