Obat Sakit Darah Tinggi

Ada beragam cara pengobatan dan jenis obat-obatan yang bisa digunakan untuk mengobati darah tinggi. Perubahan pola hidup dan pola makan, pengobatan secara medis serta mengkonsumsi obat-obatan alami merupakan beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mengobatinya.

Namun sebelum membahas mengenai obat sakit darah tinggi. Mungkin Anda perlu memahami lebih dalam mengenai apa itu darah tinggi. Kapan tekanan darah Anda dikatakan tidak normal dan ketika bagaimana tekanan darah yang Anda miliki disebut berada pada kondisi normal. Simak uraian tentang darah tinggi berikut ini.

Obat Sakit Tekanan Darah Tinggi

Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau yang dalam istilah medis dikenal dengan hipertensi adalah sebuah kondisi dimana tekanan darah berada pada nilai 140/90 mmHg atau lebih.

Bila kondisi ini terjadi pada diri Anda. Maka Anda kemungkinan besar akan beresiko terserang berbagai penyakit seperti stroke, gagal jantung dan gagal ginjal.

Lalu berapa sih tekanan darah yang tergolong normal ?

Perlu kiranya bagi Anda untuk mengetahui berapa nilai tekanan darah yang seharusnya dimiliki. Dengan begitu, disaat tekanan darah mulai terlihat menuju level diatas. Anda bisa segera melakukan tindakan untuk mencegah peningkatan tersebut.

Namun memahami mengenai angka-angka tekanan darah yang dikatakan normal memang tidaklah mudah. Anda terlebih dahulu harus mengerti apa yang dimaksud dengan tekanan sistolik dan tekanan diastolik.

Tekanan sistolik adalah tekanan maksimal saat jantung berkontraksi, sedangkan tekanan diastolik merupakan tekanan minimal ketika jantung sedang beristirahat (di antara kontraksi).

Mari ketahui berapa angka tekanan sistolik dan tekanan diastolik yang seharusnya dimiliki sehingga tekanan darah Anda dikatakan normal.

Tekanan darah normal umumnya berkisar antara 120/80 mmHg. Angka 120 merupakan angka tekanan sistolik, sementara angka 80 adalah angka tekanan diastolik.

Kami harap Anda sekarang sudah faham mengenai perbedaan kedua jenis tekanan tersebut.

Penyebab Darah Tinggi

Ada beberapa faktor yang biasanya menjadi penyebab munculnya tekanan darah tinggi. faktor-faktor tersebut ialah :

1. Usia

Semakin menuanya usia seseorang. Resikonya untuk terkena penyakit darah tinggi akan semakin terbuka. Hal ini disebabkan karena elastisitas pembuluh darah yang mulai menurun. Karenanya, orang-orang yang sudah berusia 50 tahun ke atas, perlu berhati-hati terhadap kemungkinan serangan darah tinggi ini.

2. Obesitas

Obesitas dipicu karena terlalu banyaknya kadar lemak yang bersarang di dalam tubuh. Apabila dibiarkan terus menerus. Maka obesitas ini juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan tekanan darah tinggi.
Karenanya jika berat badan Anda mulai tidak wajar. Usahakan untuk mulai memprogramkan penurunan berat badan dengan cara diet sehat.

3. Stres

Kondisi fikiran yang tidak tenang akan menimbulkan stres yang dapat memicu peningkatan tekanan darah. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menghindari stres dengan cara menghindari hal-hal yang dapat menganggu kestabilan emosi dalam diri Anda.

4. Faktor keturunan

Kondisi tekana darah tinggi yang diderita seseorang bisa disebabkan karena faktor keturunan. Sama dengan penyakit diabetes, darah tinggi juga bisa disebabkan pleh faktor keturunan karena biasanya Anda akan memiliki type dan jenis darah yang sama dengan salah satu orang tua Anda.

5. Pola makan yang tidak sehat

Dengan pola makan yang tidak teratur atau sering mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah Anda.

6. Kurang beraktivitas.

Bagi Anda yang jarang elakukan aktivitas atau olahraga utamanya aktivias-aktivitas yang memerlukan pergerakan fisik, sangat rentan terkena penyakit hipertensi ini. Aktivitas kerja duduk seharian dikantor bukan merupakan aktifitas yang dianjurkan. Usahakan melakukan olahraga di waktu libur dengan jogging, bersepeda ataupun hanya jalan-jalan di taman untuk kesehatan tekanan darah, jantung dan otot-otot Anda.

Cara Menurunkan Darah Tinggi

Sebelumnya telah dipaparkan bahwasanya tekanan darah tinggi dapat menyebabkan munculkan penyakit lain seperti gagal jantung dan gagal ginjal. Keduanya merupakan penyakit berbahaya yang pada kondisi terburuknya bisa menyebabkan kematian.

Nah untuk menghindari hal itu, sangat dibutuhkan upaya penanganan serius terhadap tekanan darah tinggi. Adapun cara menurunkan darah tinggi yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbaiki pola makan, penanganan medis, terapi pijat hingga pengobatan dengan cara alami.

A. Obat Tekanan Darah Tinggi Paling Ampuh

Apabila menyinggung mengenai obat tekanan darah tinggi. Maka ada dua pilihan yang bisa kita gunakan, yaitu obat-obatan kimia atau obat-obatan tradisional berbahan alami.

Jika Anda lebih condong kepada pilihan kedua. Maka beberapa bahan alami di bawah ini bisa Anda manfaatkan sebagai obat tekanan darah tinggi yang cukup manjur.

1. Bawang putih

Sudah bukan rahasia lagi bahwa bawang putih adalah salah satu bahan alami yang sangat ampuh untuk digunakan sebagai obat tekanan darah tinggi. di dalamnya terdapat kandungan yang bersifat sebagai pengencer darah yang sangat efektif dalam mengatasi hipertensi.

Untuk menggunakan bawang putih sebagai obat darah tinggi. Anda bisa mengolahnya dengan cara sebagai berikut.

  • Siapkan 1-2 siung bawah putih.
  • Setelah dibersihkan. Rendam bawang putih tersebut dengan air hangat.
  • Kemudian minumlah air rendaman tersebut secara teratur.

2. Jahe

Jahe juga telah dikenal sejak lama sebagai obat tekanan darah tinggi. jahe bekerja menurunkan tekanan darah dengan cara yang hampir sama dengan bawang putih, yaitu sebagai pengencer darah.

3. Cabai rawit

Siapa sangka bumbu masakan yang terkenal dengan rasa pedasnya ini dapat digunakan sebagai obat darah tinggi. Namun faktanya memang demikian. Cabai rawit dapat berfungsi sebagai vasolidator atau pelebar pembuluh darah.
Dengan melebarnya pembuluh darah ini, maka aliran darah pun akan menjadi lancar dan tekanan darah pun menjadi normal.

4. Biji seledri

Kemampuan biji seledri dalam menurunkan tekanan darah tinggi disebabkan oleh kandungan seratnya yang dapat berfungsi sebagai diuretik. Dengan kandungan tersebut, biji seledri mampu mengontrol kelebihan air yang berasal dari jantung yang kemudian berujung pada menurunnya tekanan darah.

5. Tomat

Bahan alami terakhir yang juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tekanan darah tinggi adalah tomat. Anda bisa memanfaatkan kandunga beta karoten, kalium, antioksidan serta vitamin E yang dimilikinya sebagai zat yang ampuh untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Konsumsilah buah tomat dengan cara memakan langsung atau dengan terlebih dahulu membuatnya sebagai jus.
Makanan penurun darah tinggi dengan cepat

Selain mengkonsumsi obat-obatan tradisional dari bahan alami seperti diatas. Tekanan darah tinggi juga bisa disembuhkan dengan cara mengkonsumsi beberapa makanan penurun darah tinggi.

B. Buah Penurun Darah Tinggi

1. Buah beri

Keluarga buah beri seperti blueberry, strawberry dan juga raspberry merupakan jenis buah-buahan yang kaya akan kandungan antosianin.

Antisionin sendiri, merupakan antioksidan yang dapat membantu proses pelebaran pembuluh darah sehingga resiko tekanan darah tinggi bisa dihindari.

2. Pisang

Mengkonsumsi buah pisang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. hal ini dikarenan buah pisang mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

3. Cokelat hitam

Selain dapat memperbaiki mood. Cokelat hitam rendah gula juga ternyata dapat membantu proses penurunan tekanan darah. Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi cokelat hitam minimal 100 gram perhari untuk menghindari risiko penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

4. Oatmeal

Mengkonsumsi sajian oatmeal yang kaya serat, rendah lemak dan sodium juga diyakini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Anda bisa membuat sajian oatmeal sehat dengan cara merendam oat bersama susu skim, kemudian mencampurnya dengan buah beri di pagi hari.

5. Bayam

Bayam adalah jenis sayuran yang memiliki kandungan kalium tinggi. Dengan kalium, ginjal akan lebih leluasa dalam menghancurkan sodium dan mengeluarkannya bersama urin. Semakin banyak kadar sodium yang berhasil disingkirkan, semakin rendah pula risiko tekanan darah tinggi.

C. Jus Penurun Darah Tinggi

Banyak orang yang terkadang tidak suka mengkonsumsi obat-obatan secara langsung, baik itu obat kimia ataupun obat-obatan alami.

Daripada membiarkan penyakit tekanan darah tinggi Anda semakin parah karena ketidaksukaan tersebut. Kenapa Anda tidak mencoba untuk membuat jus penurun darah tinggi ? selain rasanya lebih enak, tekanan darah tinggi yang Anda deritapun bisa segera teratasi.

Berikut Jus Buah Untuk Obat Penurun Darah Tinggi

1. Jus belimbing

Jus belimbing sangat ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Anda bisa membuatnya dengan cara sebagai berikut.

  • Cuci dan bersihkan serat yang terdapat pada kulit belimbing. Kemudian potong dengan ukuran kecil-kecil.
  • Lalu tumbuk atau haluskan potongan buah belimbin bersama 3 sendok makan jeruk nipis, setengah gelas air matang dan setengah gelas es serut.
  • Minumlah jus belimbing selagi masih dingin.

2. Jus wortel

Jus selanjutnya yang juga ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi ialah jus wortel. Ikuti langkah berikut ini untuk membuatnya.

  • Cuci wortel dan potong kecil-kecil.
  • Tumbuk wortel bersama 50 gram seledri dan 2 siung bawang putih.
  • Lalu masukkan tumbukan ke dalam 100 cc air dingin.
  • Lakukan penyaringan dan ambil airnya saja.
  • Jus siap diminum.

3. Jus mengkudu

Jus mengkudu bisa dibuat dengan cara berikut ini.

  • Siapkan 2 buah mengkudu matang. Pastikan matang sempurna.
  • Tumbuk mengkudu sampai halus.
  • Campurkan air secukupnya kemudian sajikan.

4. Jus nanas

Nanas memiliki khasiat yang sangat ampuh untuk dijadikan sebagai terapi penurun tekanan darah tinggi. Cara membuat jus nanas adalah sebagai berikut.

  • Siapkan nanas, daun lettuce, batang seledri dan es batu.
  • Gunakan juice extractor untuk mendapatkan sari buah nanas dan kedua bahan lainnya.
  • Lalu campurkan sari buah bersama es batu.
  • Jus nanas siap diminum.

5. Jus semangka

Jus terakhir yang bisa Anda buat sebagai jus penurun tekanan darah tinggi ialah jus semangka.

Anda bisa membuatnya dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Masukkan 200 gram semangka, 50 gram umbi bit, 2 sendok makan jeruk nipis, 2 sendok makan madu dan 100 ml air dingin ke dalam blender.
  • Kemudian haluskan sampai benar-benar lembut.
  • Setelah itu, Anda bisa memindahkan jus ke dalam gelas.
  • Lalu minumlah selagi masih segar.

Demikian ulasan tentang penyebab darah tinggi, obat darah tinggi dan makanan penurun darah tinggi. Dengan memahami penyebab dan cara mengobatinya diharapkan Anda bisa sedini mungkin dapat terhindar dari penyakit darah tinggi. Seandainya Anda sudah terkena penyakit hipertensi ini, silahkan kontrol dan periksa ke dokter Anda. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan atau jus buah yang dapat membantu menurunkan darah tinggi Anda.

Manfaat Kolang Kaling

Asri
2 min read

Obat Sakit Tenggorokan

Asri
4 min read

Obat Sakit Kepala

Asri
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close