Manfaat Tanaman Krokot

Tanaman Krokot – Tanaman krokot adalah jenis tanaman liar yang dapat tumbuh di mana saja, seperti di pesawahan yang dikenal subur bahkan tanaman ini juga dapat tumbuh di area tanah yang tandus. Bahkan tanaman ini juga dapat tumbuh di sela-sela trotoar yang ada di pinggir jalan dan mampu tumbuh subur di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Tumbuhan yang satu ini diperkirakan berasal dari daratan tropis Amerika dan tepatnya di negara Brazil.

Tanaman Krokot

Tanaman krokot ini memiliki nama ilmiah yakni Portulaca Oleraceae L, yang mana merupakan tanaman herbal setahun yang masuk dalam keluarga Portulacacaeae. Di Indonesia, jenis jenis tanaman Krokot ini dapat tumbuh dengan subur dan biasa sebagai gulma. Sedangkan untuk ukuran daun dan juga batang tanaman ini tergantung dimana tanaman tersebut tumbuh. Jika Krokot tumbuh di tempat yang subur maka daun tanaman ini akan lebat dan tebal.

Namun sebaliknya jika krokot tumbuh di lahan yang tandus. Daun krokot, batang dan juga kuncup bunga yang berwarna kuning ini dapat dikonsumsi. Seperti penggunaan biji krokot yang dapat digunakan untuk membuat beragam minuman herbal. Untuk lebih mengetahui akan jenis tanaman ini lebih baik langsung saja kita simak ciri-ciri tanaman krokot dibawah ini.

Ciri-ciri Tanaman Krokot

1. Batang

Batang tanaman ini memiliki bentuk yang ulat dan tumbuh dengan tegak atau bisa dikatakan seluruh bagian batangnya terletak di atas tanah tanpa mengeluarkan akar. Batang tanaman ini berwarna cokelat keungu-unguan yang memiliki panjang mencapai 10 hingga 15 cm. Batang tanaman ini juga memiliki rasa yang asam dan asin.

Kemudian tangkai tanaman krokot ini berbentuk bulat telur sungsang dan bagian ujung berbentuk bulat dan melekuk ke bagian dalam. Lalu pangkal batangnya membagi dengan tepi rata, yakni panjang 1 hingga 4 cm dan lebar 5 hingga 14 mm.

2. Daun

Sedangkan untuk ciri ciri daun krokot, yakni berwarna hijau dengan batang berwarna kemerahan, lalu warna permukaan atas daunnya hijau tua kemudian permukaan bagian bawah berwarna merah tua. Berdaun tunggal, tebal berdaging, datar dan berletak dengan berhadapan atau menyebar.

3. Bunga

Mengenai bunga, sebenarnya ada beberapa macam macam bunga krokot yang perlu kalian ketahui, yakni memiliki ciri-ciri bunga yang berkelompok hingga 6 buah yang mana keluar dari ujung percabangan. Lalu mahkota daun tersebut berjumlah setidaknya 5 buah dengan warna kuning dan kecil. Bunga ini akan mekar pada pagi hari sekitar pukul 8 pagi hingga pukul 11 siang dan akan layu ketika menjelang sore hari.

4. Buah dan biji

Ciri-ciri yang terakhir dari tanaman krokot ini adalah memiliki buah yang berbentuk kotak dan bijinya berwarna hitam cokelat mengkilap.

Manfaat Tanaman Krokot Untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Krokot

Berbicara soal khasiat dan manfaat, tanaman krokot ini memiliki banyak khasiat dan manfaat. Banyak sekali yang memanfaatkan tanaman ini sebagai obat dengan menggunakan akar, batang, daun serta bunga dari tanaman krokot ini. Krokot ini dapat digunakan sebagai salah satu obat alternatif baik ketika dalam keadaan segara ataupun dengan cara mengeringkannya terlebih dahulu.

Jika kalian menggunakan cara mengeringkan terlebih dahulu, kalian dapat mencucinya terlebih dahulu dan kemudian menjemurnya dan baru menggilingnya sampainya menjadi bubuk. Khasiat dari tanaman ini adalah mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti, disentri, diare akut, radang, usus buntu, radang payudara , wasir dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ramuan Obat dengan Menggunakan Tanaman Krokot

1. Masalah pencernaan seperti Maag dan Disentri

Manfaat Krokot untuk mengobati sakit perut seperti maag, disentri dan lain-lain. Caranya dengan menggunakan herba krokot yang segar sebanyak 50 gram lalu uapkan selama 3 hingga 5 menit. Kemudian tumbuk halus dan peras hingga air perasaan terkumpul hingga 150 cc. Minumlah sebanyak 50 cc 3 kali sehari.

2. Mengobati Bisul

Sedangkan untuk mengobati bisul, kalian dapat mengkonsumsi sepertiga cangkir teh secara rutin hingga bisul sembuh atau mengempis dan kering.

3. Mengobati kencing darah

Untuk mengobati penyakit yang satu ini kalian dapat merebus krokot herba sebanyak 100 gram yang dicampur dengan herba daun krokot sebanyak 25 gram. Kemudian saring air dari ampas tunggu hingga hangat dan minum, lakukan secara rutin hingga kencing darah benar benar sembuh.

4. Mengobati Demam

Manfaat krokot untuk mengobati demam, Anda dapat merebus 2 batang krokot yang telah dicuci, rebus jangan terlalu matang, kemudian makan selagi masih hangat.

5. Mengobati Radang Gusi

Manfaat krokot untuk mengobati radang gusi yaitu dengan merebus daun atau herba krokot sebanyak 200 gram, kemudian minum setelah hangat. Lakukan secara rutin hingga radang gusi benar-benar reda.

Nah itulah beberapa informasi mengenai ciri-ciri tanaman krokot serta manfaat dari tanaman tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Cukup sekian dari kami dan terima kasih.