Manfaat Kunyit

Indonesia termasuk ke dalam negara yang sangat subur, sehingga membuat kita mampu dengan mudah menemukan berbagai macam rempah-rempah yang menyehatkan, termasuk kunyit. Percara atau tidak, kunyit yang biasa kita temukan dalam jenis makanan sehari-hari ternyata mampu menjaga kesehatan tubuh sekaligus menjadi obat alami untuk berbagai macam penyakit mematikan!

Dikenal juga dengan nama ilmiah Curcuma longa, kunyit sebenarnya sudah sangat terkenal dan banyak digunakan di India dan negara Asia lainnya bahkan semenjak 2000 tahun sebelum masehi. Dan hingga saat ini pun kunyit masih banyak digunakan untuk berbagai macam tujuan, termasuk untuk memberikan warna rasa terhadap masakan hingga pengobatan.

Manfaat Kunyit

Faktanya, Kurkuminoid merupakan fitokimia utama yang membuat kunyit memiliki berbagai macam manfaat kesehatan untuk tubuh Anda. Lebih hebatnya lagi, sudah terdapat lebih dari 9 ribu penelitian yang mempelajari tentang efek kurkumin terhadap tubuh seseorang.

Terdapat tiga fitokimia utama yang terdapat dalam keluarga kurkuminoid yang menjadi alasan kenapa kunyit bisa begitu menyehatkan, yaitu diferuloylmethane, demethoxycurcumin, dan bisdemethoxycurcumin. Tetapi selain dari ketiga senyawa ini, anda pun masih bisa menemukan minyak atsiri potensial dalam akarnya yang disebut dengan turmerone.

Penelitian sendiri bahkan telah menunjukkan bahwa jenis kurkuminoid yang telah disebutkan di atas memainkan peran penting untuk berkomunikasi dengan 160 mekanisme dan jalur di dalam tubuh anda demi mendukung berbagai macam proses, termasuk membantu meningkatkan kesehatan otak, jantung, jaringan tubuh, dan masih banyak lagi.

Untuk lebih jelasnya, berikut telah kami paparkan manfaat kunyit untuk kesehatan anda secara lebih lengkap dan detail di bawah ini.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

1. Mengatur Suasana Hati

Selalu mengalami kecemasan? Merasa sedih? Atau suasana hati anda selalu merasa kacau? Hati-hati, semua itu adalah gejala dari stres atau bahkan depresi. Untungnya, kunyit ternyata bisa membantu mengatasi perasaan yang tengah galau tersebut.

Pada sebah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Affective Disorders melaporkan bahwa kunyit ternyata bisa mendukung suasana hati anda menjadi lebih seimbang. Maksudnya, anda bisa terhindar dari beberapa macam gejala mental dengan mengkonsumsi kunyit secara teratur.

Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa orang-orang yang senantiasa mendapatkan asupan kunyit setiap hari selama 8 minggu berturut-turut cenderung mampu mengatasi gejala kecemasan dan suasana hati yang buruk dibandingkan dengan orang-orang yang tidak mengkonsumsinya.

2. Memiliki Sifat Anti-radang

Alasan utama kenapa kunyit dapat membantu mengatasi hampir segala macam penyakit adalah karena sifat anti-radang yang ia miliki. Sebagai agen anti-radang, kurkumin – sejenis senyawa yang ditemukan dalam kunyit – dapat menghambat aktivitas faktor nuklir kappa B, atau dikenal juga sebagai protein induk yang mengatur proses peradangan di dalam tubuh anda.

Sama halnya seperti agen anti-radang pada umumnya, kunyit bekerja dengan cara menghambat aktivitas enzim peradangan seperti COX dan LOX. Tak berhenti sampai di sana, rempah-rempah ini juga berperan penting dalam menghalangi senyawa dan protein penyebab peradangan termasuk TNF-alpha, interleukin, dan masih banyak lagi.

3. Meningkatkan Kesehatan Hati

Kunyit dan senyawa organik aktif miliknya juga telah terbukti dapat memperbaiki dan meningkatkan fungsi hati sekaligus mengurangi kadar toksisitas dalam tubuh anda dengan cara merangsang sistem limpatif, sehingga memastikan bahwa racun dalam tubuh anda tersebut dibuang secara efisien. Untuk alasan inilah, aktivitas antioksidan dalam kunyit bisa dijadikan sebagai solusi nyata untuk pengobatan penyakit hati seperti sirosis, hepatitis dan penyakit hati berlemak.

4. Mengobati Alzheimer

Sebagai rempah-rempah yang memiliki antioksidan ampuh, kunyit yang anda konsumsi pun dapat merangsang aktivitas neural dan mencegah degradasi kognifit, yang mana seringkali datang dalam bentuk penyakit Alzheimer dan Demensia.

Berbagai macam penelitian sendiri telah menunjukkan bahwa kunyit sangatlah efisien dalam menghilangkan plak amyloid yang dikenal sebagai indikasi utama seseorang mengembangkan penyakit Alzheimer yang mengerikan. Bahkan kurkumin dalam kunyit pun mampu meningkatkan suasana hati dan fungsi kognitif di saat yang bersamaan terhadap orang-orang yang lebih tua.

5. Mencegah Kanker

Masih berbicara mengenai senyawa kurkumin yang terdapat dalam kunyit. Ternyata efeknya bisa sampai hingga pencegahan kanker mematikan, dan bahkan mampu mengganggu pertumbuhan kanker yang sedang terjadi di tubuh seseorang.

Meskipun penelitian ini masih dalam tahap perkembangan dan membutuhkan lebih banyak informasi lagi, tetapi para ahli sudah menyimpulkan secara pasti bahwa kunyit bisa meningkatkan efek dari kemoterapi, yaitu sejenis prosedur perawatan untuk mengatasi penyakit kanker.

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Jika rempah-rempah ini dikonsumsi secara mentah, maka kunyit pun bisa menolong anda mengatasi berbagai macam masalah pencernaan yang tengah menyerang.

Hal ini karena komponen utama dalam rempah-rempah tersebut akan merangsang kantung empedu anda untuk memproduksi cairan empedu (bile), sehingga membuat sistem pencernaan anda menjadi lebih lancar secara instan. Untuk alasan ini pulalah, kunyit dapat digunakan sebagai obat dalam mengatasi sakit perut, gejala perut kembung dan kelebihan gas di perut.

7. Memiliki Sifat Penyembuh Luka

Terkena luka gores akibat benda tajam, luka bakar, atau bahkan infeksi? Tentu saja, kunyit pun tidak akan tinggal diam untuk mengobati semua jenis luka menyakitkan tersebut. Faktanya, kunyit termasuk ke dalam antiseptik alami dan memiliki sifat anti-bakteri yang membuatnya menjadi disinfektan ampuh.

Cara menggunakannya, anda bisa menaburkan bubuk kunyit secara langsung ke area yang telah terkena agar lebih cepat membantu tubuh dalam mengobati dirinya sendiri secara alami.

8. Memperlambat Perkembangan Diabetes

Diabetes termasuk ke dalam jenis penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi mematikan. Penyakit ini biasanya terjadi ketika anda memiliki gaya hidup dan pola makan yang buruk, atau seringkali mengkonsumsi makanan yang dapat melonjakkan insulin anda secara cepat dari waktu ke waktu.

Jika misalnya anda telah terkena jenis penyakit yang satu ini, maka sifat anti-radang dan antioksidan yang dimiliki oleh kunyit mampu membantu anda mengatasi kondisi tersebut, yaitu dengan cara menunda timbulnya diabetes tipe-2 bagi orang-orang yang telah berada pada tahapan pra-diabetes.

Pra-diabetes sendiri merujuk pada sebuah kondisi dimana kadar gula darah anda sangat tinggi dibandingkan dengan orang normal, tetapi masih belum cukup mencapai tahapan penyakit diabetes.
Tidak berhenti sampai di sana, kunyit pun bisa membantu mengatur kadar insulin dan meningkatkan efek obat dari diabetes yang selalu anda konsumsi. Tetapi hindari menggunakan kunyit ini secara sembarangan dan tetaplah berada di bawah pengawasan dokter, terlebih jika anda ingin menggabungkannya dengan obat-obatan.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ada kalanya anda harus meningkatkan asupan kunyit ketika rentan terkena penyakit karena di dalam rempah-rempah tersebut terdapat sebuah senyawa yang disebut sebagai Lipopolisakarida yang memiliki sifat anti-bakteri, anti-virus, dan anti-jamur. Dengan begitu, secara langsung mendukung sistem imunitas anda menjadi lebih baik lagi.

Untuk memetik manfaatnya tersebut, anda bisa menambahkan satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam satu gelas susu hangat setiap hari. Lakukan cara ini secara teratur untuk mencegah anda terkena berbagai macam infeksi dan penyakit termasuk flu di musim hujan atau ketika peralihan musim terjadi.

Obat Sakit Kepala

Asri
3 min read

Pengertian Obat

Asri
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close