Manfaat Kayu Manis

Sebagian dari Anda mungkin hanya mengenal kayu manis sebagai rempah-rempah yang sering dimanfaatkan untuk bahan pembuatan bumbu masakan. Aromanya yang khas ditambah kemampuannya dalam menghasilkan cita rasa masakan yang enak, membuatnya selalu menjadi pilihan wajib para ibu rumah tangga ketika memasak.

Manfaat Kayu Manis

Namun, kayu manis ternyata tidak hanya bermanfaat ketika dijadikan penyedap masakan. Lebih dari itu, kayu manis juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Sehingga saat ini, kayu manis juga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan obat-obatan tradisional.

Berikut Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan kinerja otak

Bagi Anda para pemilik pekerjaan yang bersentuhan langsung dengan komputer, terutama yang intens menjalankan program atau aplikasi komputer. Kayu manis bisa Anda manfaatkan sebagai suplemen otak yang berguna untuk meningkatkan kinerja otak Anda.

Dengan terbiasa mencium aroma kayu manis, aktivitas otak akan meningkat dan membantu Anda untuk berkonsentrasi dengan lebih maksimal.

2. Membunuh sel kanker

Kemampuan kayu manis dalam hal mencegah pertumbuhan sel kanker telah diteliti di university of texas. Hasilnya, kayu manis terbukti dapat menurunkan proliferasi sel kanker. Selain mencegah, kayu manis juga dipercaya bisa digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan kanker.

3. Mengobati rematik

Selain di university of texas, penelitian terhadap kayu manis juga pernah dilakukan di departement of internal medical. Dalam penelitian tersebut, ditemukanlah fakta bahwa kayu manis juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk penderita rematik.

Hal ini, dikarenakan kayu manis memiliki kemampuan untuk mengurangi sitokin yang merupakan penyebab rematik.

4. Mengontrol gula darah

Pada penderita diabetes tipe 2. Kayu manis bisa dimanfaatkan sebagai antioksidan pengontrol gula darah. selain itu, kayu manis juga berperan dalam proses pencernaan makanan serta memperbaiki respon insulin.

5. Menyuburkan kandungan

Kekurangan hormon progesteron pada wanita dapat menyebabkan masalah kesuburan. Hal ini bisa diatasi dengan memanfaatkan kayu manis yang mengandung zat kimia alami berupa cinnamaldehyde. Zat ini berdasarkan penelitian, dapat meningkatkan produksi hormon progesteron sehingga membantu mengembalikan kesuburan.

6. Menyehatkan jantung

Salah satu penyebab sakit jantung adalah meningkatnya kadar kolesterol jahat yang disebut kolesterol LDL. Dengan memanfaatkan kayu manis, kolesterol LDL dapat diturunkan kadarnya sehingga risiko serangan penyakit jantungpun bisa dihindari.

7. Menyembuhkan radang tenggorokan

Kayu manis bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk sakit tenggorokan. Hal ini berkat adanya sifat antimikroba yang dimiliki oleh kayu manis, yang berguna dalam menghambat perkembangan bakteri dan mikroorganisme lainnya.

Namun khusus untuk mengobati sakit tenggorokan. Penggunaan kayu manis lebih baik dikombinasikan dengan madu. Cara membuat ramuannya ialah dengan menyeduh bubuk kayu manis dan dua sendok madu, kemudian mengkonsumsi ramuan tersebut selama seminggu dengna dosis 2 sampai 3 kali sehari.

8. Mengurangi rasa nyeri saat haid dan melahirkan

Umumnya wanita yang sedang haid atau setelah menjalani proses persalinan akan merasakan nyeri di bagian perut dan organ kewanitaannya. Untuk mengatasi hal ini, mereka bisa memanfaatkan kandungan zat besi, kalsium dan juga serat yang terdapat pada kayu manis. Kandungan-kandungan tersebut, dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri saat haid atau setelah melahirkan.

Kayu manis memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Akan tetap bagi Anda yang memiliki riwayat aleri, sebaiknya menghindari penggunaan kayu manis. Karena meskipun tidak menimbulkan efek samping. Penggunaan kayu manis dapat menimbulkan reaksi alergi seperti iritasi kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close