Manfaat Daun Pulutan

Manfaat Daun Pulutan – Nama Pulutan memang kurang populer di tengah masyarakat. Perlu Anda ketahui bahwa tumbuhan herbal yang satu ini bernama ilmiah Urena lobata. Pulutan masih berkerabat dengan tanaman Gandapura, Waru, dan Sidaguri. Pulutan termasuk golongan tanaman perdu dan memiliki bunga cantik berwarna ungu. Biji Pulutan yang sudah kering bisa menempel pada banyak objek yang bersentuhan dengannya. Jadi, jangan heran jika Anda berjalan-jalan di kebun atau pematang sawah, ada butiran kecil yang menempel di celana. Tidak menutup kemungkinan itu adalah biji Pulutan.

Manfaat Daun Pulutan

Pulutan memiliki sifat kimiawi dengan perpaduan rana manis, tawar, serta sejuk. Batang dan daunnya mengandung bahan yang berendir serta bijinya mengandung sekitar 14% lemak. Secara umum, efek farmakalogis pada Pulutan, antara lain anti radang, penurun panas, dan anti rematik.

Lalu, penyakit apa saja yang bisa disembuhkan dengan memanfaatkan Daun Pulutan? Untuk lebih jelasnya, silakan menyimak informasi dibawah ini.

Berikut Manfaat Daun Pulutan Untuk Kesehatan

1. Digigit ular berbisa

Bisa dari ular yang menggigit tubuh manusia cukup membahayakan. Bahkan jika dosis bisanya tinggi, bukan tidak mungkin mengakibatkan manusia meninggal dunia. Oleh karena itu, ular memang salah satu hewan berbisa yang ditakuti banyak orang. Namun demikian, Anda pun juga dapat berjaga-jaga jika sewaktu-waktu ada ular berbisa yang menyerang dan berhasil menggigit.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan, yaitu menetralisir racun berbisa ular dan mengeluarkannya. Anda pun dapat memakai daun Pulutan untuk menetralisir racun dari bisa ular. Cara membuat ramuannya, yaitu, silakan menyiapkan segenggam daun Pulutan yang masih segar dan sudah dicuci bersih. Setelah itu, tumbuk hingga halus dan tempelkan pada bekas gigitan ular. Diamkan beberapa saat sembari Anda meminta pertolongan atau menuju rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lanjutan.

2. Menyembuhkan disentri dan diare

Penyakit Diare atau Disentri merupakan dua penyakit yang menyerang bagian perut. Kedua penyakit itu disebabkan oleh kuman dan bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh melalui sistem pencernaan. Oleh karena itu, Anda jangan sampai mengkonsumsi makanan atau minuman sembarang jika tak ingin menderita disentri atau diare. Untuk bisa mencegahnya, silakan memanfaatkan khasiat Pulutan yang bersifat herbal sekaligus ampuh mengobatinya. Lalu, bagaimana cara memanfaatkannya?

Anda harus membuat ramuan dengan bahan dasar akar Pulutan terlebih dulu. Cara pembuatannya cukup mudah. Siapkan sekitar 60 gram akar Pulutan yang sudah kering. Setelah itu, rebus akar tersebut hingga mendidih, lalu saring di dalam gelas. Setelah dingin, minumlah rebusan Pulutan itu secara rutin minimal dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Dijamin, gelaja penyakit disentri dan diare yang sebelumnya sangat terasa, sedikit demi sedikit akan menghilang secara keseluruhan. Silakan Anda buktikan sendiri di rumah.

3. Menyembuhkan bisul

Tidak sedikit orang yang menderita penyakit bisul di bagian tubuh tertentu. Bisulan itu sendiri merupakan benjolan yang disebabkan oleh kuman penyakit dan kotoran yang menutupi pori-pori kulit serta menginfeksinya. Lama-kelamaan, benjolan itu akan membesar dan berisi campuran darah dan nanah. Tentu saja sangat sakit rasanya, apalagi jika benjolannya tersentuh atau tergencet. Sebenarnya, bisul dapat sembuh dengan sendirinya tanpa harus diobati khusus. Namun demikian, bagi sebagian orang sangat ingin menyembuhkan bisulan yang dideritanya secepat mungkin. Dengan begitu, penyakit kulit itu tidak akan mengganggu lagi aktivitas sehari-hari.

Salah satu cara menyembuhkan bisul yang direkomendasikan, yaitu memakai Pulutan. Lebih spesifik lagi, bunga Pulutan yang warnanya cukup indah tersebut. Anda cukup mengambil bunga Pulutan secukupnya, lalu tumbuk hingga halus. Selanjutnya, tempelkan di bagian kulit yang bisulan dan diamkan beberapa saat. Tidak perlu ditutupi bagian bisulan tersebut agar terkena udara segar. Lakukan cara semacam itu setiap hari hingga bagian bisul mengering dan mengelupas sendiri. Silakan mempraktikkannya sendiri di rumah jika suatu saat nanti Anda menderita bisulan.

4. Mengobati keselo dan memar

Khasiat Pulutan berikutnya, yaitu mengobati keseleo dan memar yang bisa Anda derita sewaktu-waktu. Keduanya tidak bisa dihindari saat Anda terjatuh atau terluka akibat berbagai aktivitas tertentu. Keseleo disebabkan oleh bagian saraf, urat, atau otot yang tertarik atau sejenisnya saat Anda terjatuh. Sementara itu, memar pada kulit juga disebabkan oleh terjatuh ataupun terluka. Biasanya, banyak orang mengoleskan balsem atau minyak khusus, lalu diurut pada bagian yang keseleo. Sementara untuk luka memar, mayoritas lebih senang mengobatinya dengan cairan antiseptik yang banyak dijual bebas.

Ternyata, Anda pun juga dapat mengobati keseleo dan memar secara alami, tanpa perlu memakai obat-obatan modern. Anda cukup menyiapkan daun Pulutan secukupnya terlebih dulu. Bersihkan hingga bersih, lalu tumbuk hingga halus. Tidak perlu direbus, diseduh, atau pengolahan lainnya karena dapat melunturkan bahan herbalnya. Setelah itu, tempelkan ramuan itu pada bagian tubuh yang keseleo atau memar. Diamkan beberapa saat hingga Anda merasa baikan. Lakukan cara ini secara teratur karena tidak akan membuat efek samping pada kesehatan tubuh Anda. Tidak ada salahnya membuktikan sendiri cara tersebut di rumah.

Baca juga : Manfaat Buah Oak Untuk Kesehatan

Demikianlah beberapa khasiat yang bisa Anda dapatkan dan rasakan dari tanaman Pulutan. Mulai dari bagian daun, akar, dan daunnya bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk mengobati penyakit dan gangguan kesehatan tertentu. Namun untuk amannya, sebaiknya Anda mengkonsultasikan terlebih dulu pada dokter atau praktisi kesehatan. Semoga informasi Khasiat Pulutan seperti yang ditulis di atas bermanfaat untuk Anda sekalian.