Manfaat Daun Kelor

Sejak dari jaman dahulu, daun kelor dipercaya memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Bahkan, tak jarang banyak orang jaman dahulu yang menggunakan daun kelor sebagai obat tradisional. Ternyata, manfaat daun kelor memang benar adanya dan dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan, di peradaban Mesir Kuno, daun kelor mampu mengobati lebih dari 300 penyakit yang terjadi pada waktu itu.

Di Eropa dan Amerika sering disebut sebagai Miracle Tree atau dengan sebutan Moringa Oelivera. Di Jerman di jual ekstraknya dalam kapsul dengan harga yang sangat mahal, namanya Kapsul Mohinga. Sedangakan di Indonesia namanya pohon Kelor. Khasiat dari daun kelor ini sangat banyak sekali. Kandungan Vitamin dan Mineralnya yang terkandung dalam daun kelor tertinggi diantara buah atau sayuran.

Manfaat Daun Kelor

Oleh WHO (World Health Organization) sebagai Badan Kesehatan Dunia, pohon kelor dinobatkan sebagai pohon ajaib. Seiring berjalannya waktu penelitian ilmiah tentang manfaat daun kelor yang didengungkan sejak dahulu-pun diteliti secara ilmiah. Seorang ahli dibidang obat herbal atau tradisional, Gunter Harnisch dalam pengantar buku-nya mengenai keajaiban pohon kelor. Dalam pengantarnya tersebut menyebutkan keunggulan tanaman atau daun kelor.

Berdasarkan beberapa penelitian dari tenaga ahli yang ada di Indonesia seperti diungkapkan oleh Peneliti Senior Bidang Etnobotani Pusat Penelitian Biologi-LIPI, Bapak Eko B. Walujo dalam Seminar Ilmiah Tanaman Obat Kelor di Kantor Badan POM, Jakarta pada Rabu (12/8/2015). Beliau juga mengungkapkan tentang khasiat daun kelor bagi kesehatan tubuh manusia. Daun kelor memiliki kandungan yang lebih banyak dibandingkan dengan buah dan sayuran lainnya.

Berikut Perbandingan Kandungan Daun Kelor

  • Kandungan Protein 2x lebih banyak dari protein pada kedelai.
  • Kandungan Vitamin C 6x lebih banyak dari Vitamin C pada jeruk.
  • Kandungan Vitamin A 4x lebih banyak dari Vitamin A pada wortel.
  • Kandungan Kalsium 4x lebih banyak dari kalsium pada susu.
  • Kandungan Kalium 7x lebih banyak dari kalium pada pisang.
  • Kandungan Vitamin B1 dan B2 7x lebih banyak dari vitamin B1 dan B2 pada ragi.
  • Kandungan Polifenol 6x lebih banyak dari polifenol pada anggur merah.
  • Kandungan asam folat 4x lebih banyak dari asam folat pada hati sapi.
  • Kandungan Vitamin E 4x lebih banyak dari vitamin E pada gandum.
  • Kandungan serat 2X lebih banyak dari serat pada gandum.
  • Kandungan asam amino 1,5x lebih banyak dari asam amino esensial pada telur.
  • Kandungan zat besi 25x lebih banyak dari zat besi pada bayam.

Hal ini tentunya sejalan dengan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Funglie LI yang menyatakan bahwa dalam tanaman kelor terdapat kandungan Vitamin, A, B, C yang sangat tinggi. Tidak hanya itu saja, beberapa kandungan lain seperti mineral, zat besi, kalsium, kalium dan protein juga sangat mudah diserap oleh tubuh. Nah, buat Anda yang sudah mulai penasaran dengan manfaat daun kelor, berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaatnya untuk Anda.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

1. Membantu Mengobati Penyakit Liver

Menurut beberapa sumber, manfaat daun kelor sudah banyak digunakan di Eropa sebagai salah satu cara untuk membersihkan liver. Hal inilah yang menjadi dasar bahwa daun kelor sangat baik untuk mengobati dan mencegah penyakit liver. Dalam daun kelor terdapat senyawa Phytotherapy yang memiliki fungsi untuk menjaga organ hati dari berbagai kerusakan.

Tidak hanya itu saja, ada pula penelitian di Jerman yang menyatakan bahwa daun kelor mengandung Silymarin yang berguna untuk mendetoksifikasi toksin dalam hati. Senyawa lain yang terdapat dalam daun kelor juga memiliki fungsi untuk membentuk sel hati baru yang berguna untuk menggantikan sel hati yang rusak. Untuk itu, daun kelor sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang memiliki gangguan liver.

2. Mencegah Timbulnya Penyakit Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang mengancam manusia modern saat ini. Diabetes sendiri timbul dari pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Penyakit diabetes muncul karena terjadinya penurunan kerja pada insulin. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka anda bisa mengatasinya menggunakan daun kelor.

Manfaat daun kelor dipercaya untuk mengatasi dan mencegah penyakit diabetes. Ini karena kandungan vitamin K yang tinggi mampu meningkatkan kinerja pankreas untuk menghasilkan hormon insulin.

3. Mengatasi Nyeri Rematik

Rematik atau yang biasa disebut dengan nyeri sendi merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan menggunakan manfaat daun kelor. Kandungan senyawa kolkisin pada daun nkelor dapat menurunkan rasa nyeri yang disebabkan oleh penyakit rematik. Dengan mengonsumi daun kelor, maka anda akan merasakan efek hilangnya rasa sakit hanya dalam waktu setengah sampai dengan dua jam.

4. Meningkatkan Imunitas

Imunitas merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi tubuh. Bagaimana tidak, tanpa adanya imunitas tubuh akan lebih mudah terserang penyakit. untuk itu, Anda harus tetap menjaga agar imunitas tetap kuat. Salah satu caranya dengan mengonsumsi daun kelor.

Ini karena dalam daun kelor terdapat kandungan klorofil dan memiliki polifenol dalam jumlah yang cukup tinggi senyawa inilah yang mampu merespon dan reaksi dari sistem imunitas untuk menangkal berbagai macam penyakit yang menyerang.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau yang sering disebut dengan hipertensi adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh banyak hal. Dimulai dari stres, kelebihan kolesterol dan masih banyak lainnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit yang satu ini yaitu dengan mengonsumsi daun kelor.

Baca juga : Manfaat Daun Kumis Kucing

Ada banyak sekali manfaat yang Anda dapatkan dengan mengonsumsi daun kelor. Beberapa manfaat lain seperti melancarkan asi merupakan salah satu manfaat daun kelor yang terkenal. Nah, untuk itu mulai saat ini sering-seringlah konsumsi daun yang kaya akan manfaat ini. Dengan rajin mengkonsumsi tanaman ini diharapkan Anda kan terhindar dari berbagai penyakit. Hanya dengan mengkonsumsi daun kelor maka semua kebutuhan nutrisi telah terpenuhi. Kandungan yang ada pada daun kelor mudah terserap tubuh karena pada dasarnya manusia dari struktur pencernaan adalah herbivora atau pemakan daun-daunan.

× How can I help you?