Manfaat Daun Beluntas

Daun beluntas memang terdengar cukup asing sehingga tak jarang orang mengabaikan manfaat daun beluntas untuk kesehatan tubuh manusia. Daun beluntas dengan nama latin Pluchea indica memiliki berbagai kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Daun beluntas sering dijadikan obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit dari yang ringan hingga berat.

Efek farmakologis pada daun beluntas terbukti mampu mengatasi berbagai macam penyakit seperti keputihan, gejala rematik dan juga bau mulut. Lebih dari hal itu, ternyata manfaat daun beluntas juga kerap digunakan sebagai obat tradisional dari penyakit tuberculosis.

Manfaat Daun Beluntas

Daun beluntas adalah daun tanaman kecil yang sering ditemukan pada kawasan pinggiran pantai. Tanaman ini bisa hidup secara yang liar dan mudah tumbuh walaupun tidak sengaja dibudidayakan. Anda penasaran manfaat apa saja yang bisa didapat dari daun tanaman liar ini? simak ulasan berikut ini.

Manfaat Daun Beluntas Bagi Kesehatan

1. Obat TBC Pada Leher

Daun beluntas dapat digunakan untuk mengatasi masalah TBC dengan cara tradisonal. Anda bisa menumpuk bagian daun dan batang sampai lumat atau bisa juga diekstrak. Setelah halus dan lumat campurkan beberapa bahan alami seperti rumput laut dan kulit sapi dengan ramuan tadi.

Kukus semua bahan hingga memiliki tekstur yang lembut kemudian konsumsi secara rutin setiap hari hingga TBC yang Anda derita sembuh.

2. Obat Rematik

Khasiat daun beluntas ini sangat cocok bagi Anda yang sering mengalami nyeri pada beberapa bagian tubuh atau rematik. Langkah awal untuk membuat obat rematik yaitu bisa siapkan 15 gram bagian akar beluntas dengan 1 genggam daun. Selanjutnya ikuti langkah di bawah ini untuk membuat ramuannya:

  • Cuci bersih semua bahan
  • Siapkan wadah dengan satu gelas air
  • Masukkan bagian akar dan daun beluntas yang sudah dicuci bersih
  • Rebus hingga mendidih
  • Diamkan sampai hangat-hangat kuku
  • Saring untuk memisahkan ampasnya.

3. Mengurangi Bau Tidak Sedap Pada Mulut

Bau badan dan bau mulut tentu jadi sebuah masalah yang cukup serius bagi semua orang dan tidak jarang membuatnya tidak percaya diri. Namun jangan khawatir sebab semua masalah tersebut bisa diatasi dengan manfaat daun beluntas sebagai obat tradisional.

Daun beluntas terbukti efektif dalam mengurangi bahkan menghilangkan bau badan dan bau mulut, sehingga aroma tubuh menjadi lebih harum dan segar. Caranya juga cukup mudah tidak perlu mengonsumsi sebagai ramuan, Anda hanya perlu menjadikannya lalapan atau sup setiap menu makan.

4. Obat Keputihan

Sebagian besar wanita sering mengalami keputihan, hal ini biasanya terjadi pra menstruasi atau sesudahnya. Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan ramuan daun beluntas. Cara membuat ramuan ini juga cukup mudah yaitu dengan merebus 20 lembar daun beluntas dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa satu gelas saja.

Minum ramuan ini secara teratur 2 kali dalam sehari di pagi dan malam hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Mengatasi Perut Kembung

Manfaat daun beluntas yang selanjutnya yaitu untuk mengatasi sakit perut kembung atau begah. Sebagaimana sudah diketahui gas yang ada di lambung membuat perut kembung dan kesulitan untuk mengeluarkannya. Namun berkat rebusan daun beluntas gas tersebut bisa dikeluarkan dengan mudah.

6. Meredakan Nyeri Pada Pinggang

Salah satu gangguan kesehatan yang bisa disembuhkan dengan daun beluntas yang selanjutnya adalah nyeri pada pinggang. Caranya juga cukup mudah Anda hanya perlu merebus 1 genggam daun beluntas pada 2 gelas air hingga mendidih sampai air berkurang jadi 1 gelas. Konsumsi secara teratur 2 kali sehari dalam kondisi yang sudah dingin.

Baca juga : Manfaat Buah Mengkudu

Siapa sangka manfaat daun beluntas tersebut bisa menyadarkan banyak orang bahwa tanaman yang sering kali dianggap sebelah mata ternyata memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan. Anda bisa mengonsumsi ramuan daun beluntas secara teratur agar penyakit yang diderita bisa sembuh tanpa efek samping yang berarti.