Manfaat Buah Lontar

Buah Lontar adalah tanaman yang bisa tumbuh di beberapa negara beriklim tropis seperti Indonesia, Malaysia, India, Vietnam, Pakistan, Thailand, Singapura dan negara tropis lainnya. Buah lontar sering kita temui di pinggir jalan selama bulan puasa, soalnya banyak pedagang kaki lima yang menjualnya. Apakah Anda orang yang menyukai buah lontar? Mari kita tahu lebih banyak tentang jenis buah lontar ini.

Buah lontar yang memiliki nama ilmiah Borassus Flabellifer atau sering dikenal dengan sebutan siwalan. Bentuk sekilas mirip sekali dengan buah kolang kaling. Buah lontar yang sudah matang memiliki kulit hitam keungu-unguan. Buah lontar memiliki rasa manis sehingga sering digunakan untuk berbagai makanan olahan seperti dawet, es buah, kue, selai dan lain-lain. Tepat jika Anda suka menkonsumsi buah lontar, karena ia kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Manfaat Buah Lontar

Beberapa kandungan gizi buah lontar adalah vit A, vit B, vitamin C, mineral zinc, potasium, zat besi, kalsium, serat, protein dan karbohidrat. Tidak hanya buahnya saja, namun daun lontar juga bermanfaat.

Secara lebih rinci di bawah ini kami menjelaskan kandungan gizi dalam buah lontar. Buah lontar mengandung 10,93 g / 100cc total gula, 0,97 g / 100cc pengurangan gula, 0,35 g / 100cc protein, 0,057 nitrogen, 0, 55 g / 100c mineral sebagai abu, 1,07 g / 100cc spesifik grafity, 0,15 9 / 100cc fosfor, o, g / 100 cc zat besi, 13.25 mg / 100cc vit C, 3.9 IU vitamin B1, vitamin B kompleks dan sedikit kalsium.

Berikut Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan

1. Seperti Isotonik

Larutan isotonik adalah minuman yang memiliki tekanan osmolaritas atau memiliki konsentrasi zat terlarut yang sama dengan cairan tubuh. Manusia membutuhkan 2 liter cairan atau sekitar 8 gelas setiap hari dan dalam aktivitas mengeluarkan cairan tubuh sebanyak 2-3 liter dalam sehari. Untuk mengganti cairan tubuh yang hilang itu kita harus memenuhi kebutuhan cairan kita untuk menghindari dehidrasi.

Apabila sebelumnya Anda hanya tahu bahwa isotonic hanya bisa didapat pada jenis minuman botol pada supermarket atau toko-toko, kali ini Anda harus tahu juga bahwa buah yang satu ini juga memiliki kandungan isotonic cukup tinggi sekali. Kandungan mineral dari buah lontar ini akan menjadi cairan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Seperti Anda ketahui sendiri jika isotonic memiliki peran penting sekali untuk memenuhi kabutuhan akan cairan dalam tubuh selain air. Cairan dari buah ini mampu menggantikan cairan tubuh lebih cepat daripada air biasa.

2. Memperlancar Saluran Pencernaan

Banyak masalah pencernaan yang sering kita alami dan salah satunya adalah konstipasi. Selama ini sering direkomendasikan untuk kesehatan pencernaan adalah dengan mengkonsumsi asupan buah yang cukup. Hal ini benar karena buah memiliki kandungan serat tinggi sehingga dapat melancarkan pencernaan seperti buah lontar. Agar pencernaan lancar harus dipenuhi tidak hanya serat tetapi asupan cairan juga harus sesuai dengan kebutuhan.

Sifat sari lontar ibarat cairan tubuh (isotonik) yang sangat membantu pencernaan lebih cepat dari air biasa. Maka kandungan fosfor lontar mampu membantu pencernaan riboflavin (vitamin B2) dan niacin (vitamin B3). Vitamin B1 lontar juga dapat membantu pencernaan karena berperan dalam pelepasan asam klorida penting untuk pencernaan dalam tubuh kita.

3. Menenangkan Tubuh

Cuaca panas sangat mengganggu aktivitas kita karena tidak jarang membuat badan kita terasa panas. Jika Anda ingin mendinginkan tubuh maka dengan makan buah lontar dapat membantu Anda. Tekstur lontar yang lentar seperti gel dan dingin dapat membantu mendinginkan tubuh Anda setelah mengkonsumsi.

4. Baik Untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah penyakit karena kadar gula darah melebihi nilai normal, yaitu <110 mg / dl untuk orang dewasa dan <100 mg / dl untuk anak-anak. Penting bagi penderita diabetes untuk mengatur pola makannya, tentu saja asupan gula harus dibatasi. Nira lontar baik untuk penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik rendah.

Indeks glikemik adalah nilai yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dalam bahan makanan. Jika selama ini Anda sudah mengetahui gula jagung yang baik untuk penderita diabetes maka sekarang juga telah mengembangkan gula dari sari buah apel yang rendah indeks glikemik sehingga dapat membantu mengontrol gula darah. Selain itu, dalam jurnal global “Pakistan Journal Pharmaceutical Sciences” terungkap bahwa ekstrak akar lontar juga mampu mengendalikan kadar gula darah.

5. Sebagai Antibiotik

Antibiotik adalah senyawa yang dapat menghentikan pertumbuhan virus dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan Anda. Dalam sari kurma ada enzim yang dipercaya berfungsi sebagai antibiotik bagi tubuh. Bahkan percobaan telah dilakukan minuman probiotik dari siwalan dengan menambahkan susu skim. Minuman probiotik adalah minuman yang mengandung mikroorganisme baik yang dapat melawan bakteri berbahaya dalam tubuh kita.

Banyak manfaat dari buah lontar untuk kesehatan kita. Itu adalah bukti bahwa Allah menciptakan semua yang ada di bumi tidak ada yang sia-sia. Untuk itu mari kita jaga semua ciptaan, jagalah lingkungan sekitar kita dan tentunya jagalah kesehatan kita sebaik-baiknya. Memanfaatkan dan merawat alam sebaik mungkin tanpa meruksaknya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment