Manfaat Buah Kurma

Kurma adalah buah yang berasal dari timur tengah dengan cirri pohon mirip tanaman palem. Pohon kurma memiliki tinggi 15-25 m dengan buah dihasilkan umumnya memiliki panjang 3-7 cm dan diameter 2-3 cm dengan satu biji. Kurma dibagi menjadi 3 kelompok utama yaitu lunak, semi kering dan kering. Buah yang sebelumnya diprediksi dari Teluk Persia memiliki berbagai jenis manfaat dengan tingkat vitamin dan mineral tinggi.

Kurma memiliki banyak nutrisi misalnya thiamin, niacin, folate, riboflavin sehingga tidak heran jika buah ini memiliki banyak manfaat. Buah ini cocok dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui karena kandungan hormon oksitosin. Hormon ini dapat membantu merangsang kontraksi otot rahim saat mendekati kelahiran bayi.

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Manfaat buah kurma lainnya yaitu mampu menekan pendarahan saat proses persalinan. Pada saat postpartum, jus kurma dapat membantu menstabilkan keadaan ibu dan mengembalikan nutrisi.

Setelah Anda tahu apa kandungan nutrisinya di dalam kurma, sekarang mari kita lanjutkan dengan studi tentang manfaat kurma untuk kesehatan manusia. Berikut adalah beberapa manfaat kurma untuk kesehatan.

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

1. Obat rematik

Siapa yang mengasumsikan ketika buah yang berasal dari Timur Tengah memiliki kekuatan untuk menghindari terjadinya rematik atau asam urat? Ini karena kurma mengandung banyak mineral utama untuk tulang dan otot yang sehat. Makan 15 tanggal harian dapat memenuhi kebutuhan mineral utama seperti kalsium, kalium, magnesium, belerang dan boron.

2. Penambah Serat

Usus bekerja secara konstan harus dibersihkan dari beberapa sisa makanan untuk memaksimalkan kemampuan mereka. Dan beberapa tanda makanan yang menempel di dinding usus tidak menyebabkan penyakit. Serat adalah salah satu zat berfungsi membersihkan usus.

Kurma mengandung serat larut pektin berbentuk semakin banyak di banding buah-buahan lainnya. Keluar dari semua khasiat itu, kurma juga memiliki peran penting sebagai prebiotik perkembangan bakteri baik yang dibutuhkan oleh system pencernaan.

Dengan serat yang cukup, maka akan melancarkan pencernaan dan melancarkan buang air besar. Dengan demikian akan menghindari sakit perut atau sakit diare karena kekurangan serat dalam tubuh.

3. Obat Kanker otak

Pohon kurma mengandung mineral cukup tinggi dan kaya. Salah satunya magnesium, sulfur, potasium, kalsium dan boron yang juga berperan untuk mencegah kanker otak. Dengan konsumsi 15 tanggal harian, Anda dapat memenuhi hingga 80% magnesium dan 70% kebutuhan belerang.

4. Sebagai sumber energi

Dengan pengecualian sumber serat yang baik, kurma juga merupakan sumber daya yang efisien. Dengan konsumsi 100 gram kurma segar Anda dapat memenuhi kebutuhan daya harian hingga 12 hingga 15%. Jika Anda mengonsumsi kurma kering, kandungan antioksidan mereka akan menyusut. Kurma adalah sumber daya instan, sangat dikonsumsi oleh orang-orang ketika berbuka puasa.

5. Sumber antioksidan

Sebagaimana disebutkan di atas, kurma merupakan sumber anti-oksidan yang sangat baik. Dimana manfaat dari anti oksidan saja menciptakan perlindungan tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Secara otomatis, konsumsi kurma juga membantu diri sendiri terlepas dari kemungkinan berbagai jenis kanker.

6. Menyembuhkan demam berdarah

Satu studi menunjukkan bahwa konsumsi kurma dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit pada pasien demam berdarah. Persentase penambahan tingkat trombosit dengan pemberian ekstrak tanggal adalah 23,90% / hari, sedangkan penambahan tingkat trombosit tanpa mengkonsumsi ekstrak jus adalah 8,9% / hari.

Kandungan sari kurma yang diduga ikut ambil bagian dalam produksi trombosit yaitu beberapa karbohidrat seperti mannose, galactose, arabinose, dan xylose sebagai bahan butiran platelet.

7. Melindungi kesehatan jantung

Kurma adalah buah yang kaya potasium. Seperti yang kita ketahui salah satu manfaat potasium adalah melindungi kesehatan jantung dan pembuluh darah karena dapat menstabilkan detak jantung, mengaktifkan kontraksi otot-otot jantung, dan mengatur tekanan darah.

Oke, semoga artikel tentang manfaat kurma ini bermanfaat bagi semua pembaca. Di Indonesia, sangat sulit menemukan kurma yang masih asli tanpa tambahan pemanis. Kalaupun ada, harganya mahal dan umumnya hanya di supermarket-supermarket di kota-kota besar saja. Kurasa seperti kesempatan ini kurang baik untuk kesehatan terutama pasien diabetes. Karena itu jangan makan terlalu banyak.

Obat Sakit Kepala

Asri
3 min read

Pengertian Obat

Asri
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close