Manfaat Buah Adas

Di sekitar kita ada berbagai macam rempah-rempah yang tidak hanya dapat dijadikan sebagai bahan pelezat masakan. Tetapi juga, rempah-rempah tersebut seringnya bisa dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional karena memiliki kemampuan untuk menunjang kesehatan tubuh.

Salah satu rempah-rempah yang terkenal akan kandungan alaminya yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan adalah adas. Banyak manfaat buh adas ini untuk kesehatan tubuh manusia. Rempah-rempah ini, khususnya untuk masyarakat Jawa, telah lama dikenal sebagai salah satu bahan untuk membuat jamu.

Manfaat buah Adas

Adas atau dalam bahasa latin dikenal dengan nama foeniculum vulgare, adalah tanaman yang berasal dari Mediterania. Namun saat ini, adas juga sudah banyak ditemukan tumbuh di berbagai negara seperti China, Meksiko, India, Italia dan tentunya Indonesia.

Kandungan Buah Adas

Sedikitnya terdapat sekitar 40-an kandungan penting yang ada dimiliki oleh adas. Beberapa diantaranya ialah:

Tanaman
Kandungan
Buah Adas1. Minyak atsiri.
2. Felandren.
3. Limonen.
4. Dipenten.
5. Anetol.
6. Pinen.
7. Vitamin C.
8. Vitamin E.
9. Vitamin B6.
10. Niacin.
11. Flavonoid.
12. Alkaloid.
13. Metil.
14. Fenol.
15. Anetol.
16. Cineole.
17. Magnesium.
18. Potasium.
19. Kalsium.
20. Sodium
Dan lain-lain.

Manfaat Adas Untuk Kesehatan

Di bawah ini, merupakan daftar beberapa penyakit yang bisa dicegah dan disembuhkan dengan adas.

1. Mencegah kanker

Adas memiliki kandungan zat flavonoid, fenol dan juga alkaloid. Ketiga zat tersebut, merupakan unsur penting yang dibutuhkan tubuh untuk menghindari pertumbuhan sel kanker. Dua jenis kanker yang bisa dicegah dengan memanfaatkan ekstrak adas ialah kanker hati dan kanker payudara.

2. Mengatasi sakit jantung

Penyakit selanjutnya yang bisa diatasi dengan memanfaatkan adas adalah sakit jantung. Hal ini karena adas memiliki kandungan serat yang berguna dalam menjaga kolesterol agar tetap stabil. Dengan stabilnya kolesterol, maka beberapa penyakit kronis seperti stroke ataupun sakit jantung bisa diatasi.

3. Menyembukan anemia

Anemia merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan karena kurangnya hemoglobin. Dengan adanya zat besi dan juga zat histin pada adas, maka produksi hemoglobin bisa ditingkatkan. Kemudian dengan meningkatnya hemoglobin, maka anemia pun akhirnya bisa diatasi.

Selain itu, kedua zat yang telah disebutkan diatas, juga dapat membantu dalam memproduksi sel darah merah di dalam tubuh.

4. Mengatasi gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan yang diakibatkan karena konsumsi makanan pedas atau tinggi lemak bisa diatasi dengan adas. Hal ini berkat adanya kandungan minyak atsiri yang dipercaya bisa membantu mengurangi rasa mual, perut kembung atau sakit perut melilit.

Karenanya apabila saat ini anda sedang mengalami masalah pada pencernaan, maka gunakan saja adas sebagai obat alami untuk mengatasi sakit pencernaan.

5. Menurunkan tekanan darah

Ketegangan yang terjadi pada pembuluh darah bisa menjadi penyebab naiknya tekanan darah. Tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan memanfatkan adas yang mengandung potasium. Dengan zat ini, ketegangan yang terjadi pada pembuluh darah bisa sedikit diturunkan, hasilnya tekanan darah pun akan kembali normal.

6. Mencegah penyakit mata

Kesehatan mata dapat terus dijaga dengan memanfaatkan buah adas. Ini karena adas mengandung antioksidan yang bermanfaat dalam mencegah peradangan dan juga mengurangi gangguan penglihatan di dalam mata.

Manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari tanaman adas memang sangatlah banyak. Selain yang telah dituliskan di atas, masih ada beberapa gangguan kesehatan lain yang juga bisa diatasi dengan adas.

Meski begitu. Dalam penggunaanya anda harus tetap menjaga batas kewajaran. Karena jika digunakan secara berlebihan, bukan tidak mungkin adas malah akan membawa dampak buruk bagi kesehatan Anda. Langkah terbaik adalah dengan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum menggunakan adas.