Manfaat Bawang Putih

Selain merupakan bahan wajib untuk membuat bumbu masakan. Bawang putih juga ternyata memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting, yakni sebagai obat alami yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, baik ringan maupun berat.

Kemampuan tersebut, dipercaya berkat adanya kandungan zat allicin pada bawang putih, yang memang kerap dijadikan sebagai bahan dasar untuk pembuantan berbagai jenis obat-obatan. Zat allicin sendiri, merupakan komponen biologis aktif yang berfungsi sebagai anti bakteri.

Manfaat Bawang Putih

Nah apabila anda belum mengetahui manfaat bawang putih untuk kesehatan. Anda akan segera mengetahuinya dengan membaca uraian dibawah ini.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

1. Mencegah kanker

Selain kaya akan zat allicin, bawah putih juga mengandung senyawa sulfur bioaktif. Senyawa tersebut menurut national cancer institut yang bermarkas di Amerika, merupakan senyawa yang dapat mencegah terbentuknya sel kanker di dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi bawang putih mentah secara rutin dan teratur, maka berbagai jenis risiko kanker seperti kanker pankreas, kanker paru dan kanker payudara bisa dihindari.

2. Menghancurkan kolesterol

Para pakar penelitian di rafsanjan university of medical science pernah melakukan penelitian terhadap ada atau tidaknya pengaruh mengkonsumsi bawang putih dalam kasus penurunan kadar kolesterol.

Setelah penelitian, para pakar kemudian menyimpulkan bahwa bawang putih dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kesimpulan ini, diterbitkan setelah para peserta yang dijadikan objek penelitian, mengkonsumsi 10 gram bawang putih mentah selama kurang lebih 42 hari.

3. Menurunkan berat badan

Untuk membantu melancarkan proses penurunan berat badan, anda bisa memanfaatkan kandungan zat vinyldithiin yang terdapat pada bawang putih. Zat tersebut, diyakini dapat menghambat proses infalamasi yang menjadi faktor penyebab naiknya kadar lemak dalam tubuh.

4. Meredakan sakit gigi

Di awal telah diungkapkan bahwa bawang putih mengandung zat allicin yang berguna sebagai anti bakteri. Dan salah satu penyebab utama dari sakit gigi, ialah karena adanya bakteri yang bersarang di gigi.

Oleh karena itu ketika sakit gigi mulai terasa, segeralah untuk melakukan pengobatan sakit gigi dengan menggunakan bawang putih. Zat analgesik yang juga dikandungnya, merupakan zat penting yang sangat ampuh untuk meredakan nyeri di gigi.

5. Mencegah penyakit jantung

Penelitian yang dilakukan oleh the journal of nutrition, berhasil mengungkap fakta tersembunyi dari manfaat bawang putih sebagai obat alami yang dapat mencegah penyakit jantung.

Bawang putih yang dikonsumsi secara mentah, dapat membantu untuk mengurangi menumpuknya plak pada arteri koroner yang bertugas memompa darah ke jantuh. Dengan berkurangnya plak tersebut, maka risiko penyakit jantungpun akan bisa dicegah.

6. Mengobati flu

Kemampuan bawang putih sebagai obat flu dan obat batuk didapatkan karena adanya kandunga zat allicin yang bersifat multi fungsi. Selain berperan sebagai anti bakteri, allicin juga berfungsi sebagai anti virus, anti jamur dan anti mikroba Karenanya dengan ketika gejala flu mulai mengganggu, maka anda dianjurkan untuk segera mengkonsumsi bawah putih mentah.

7. Menjaga kesehatan otak

Penumpukan plak dan zat berbahaya lainnya bisa menjadi penyebab terganggunya kesehatan otak. Untuk mencegahnya, anda bisa memanfaatkan bawang putih dengan kandungan zat S-allyl-L-Cystene (SAC) yang dimilikinya. Zat tersebut dapat berfungsi sebagai antioksidan yang cukup ampuh untuk mengatasi kerusakan kognitif yang mengakibatkan terganggunya kesehatan otak.

8. Menghilangkan Panu

Salah satu khasiat bawang putih ialah untuk menghilangkan salah satu penyakit kulit yaitu penyakit panu. Cara menghilangkan panu dengan bawang putih ini juga sangat mudah. Yaitu dengan memotong siung bawang putih kemudian gosok dan tempelkan potongan bawang putih ini pada bagian yang terkena panu. Cukup dengan membiarkan beberapa menit supaya getah pada bawang putih terserap ke dalam kulit. Setelah dirasa waktunya dirasa cukup maka lepaskan potongan bawang putih tersebut. Agar hasilnya maksimal silahkan Anda lakukan 2 kali sehari, yaitu waktu pagi dan sore setelah Anda selesai mandi.

Itulah beberapa manfaat bawang putih yang berguna untuk kesehatan. Setelah mengetahuinya, Anda kini seharusnya tidak perlu ragu untuk memanfaatkan bawang putih sebagai obat alami penyembuh berbagai jenis penyakit. Namun karena penggunaanya yang bersifat mandiri. Maka sebagiknya Anda juga harus berkonsultasi ke dokter terkait takaran dosis dan cara penggunaan yang tepat. Selamat mencoba.