Makanan Untuk Perkembangan Otak Janin

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya dan berharap buah hatinya dapat tumbuh menjadi anak yang pintar dan cerdas. Untuk bisa memiliki anak yang pintar dan cerdas sebenarnya ada kiat yang harus Anda lakukan, karena kecerdasan sang anak dapat tercipta karena adanya dukungan dan peranan orang tua didalamnya.

Sebenarnya jika ibu ingin memiliki anak yang cerdas dapat dimulai untuk memberi dukungan semenjak ibu mengandung sang buah hati. Pasalnya kecerdasan anak bisa diperoleh dengan adanya asupan makanan yang banyak mengandung gizi, dan dapat mendukung perkembangan otak buah hati dimulai saat hamil.

Makanan Untuk Perkembangan Otak Janin

Segala makanan yang ibu konsumsi akan diserap oleh buah hati ibu di dalam perut, sehingga ibu harus benar-benar menjaga menu makan ibu sehari-hari. Pilihlah makanan yang bernutrisi tinggi untuk menjaga kesehatan ibu dan juga buah hati ibu. Jangan lupa untuk banyak mengkonsumsi makanan untuk perkembangan otak janin secara keseluruhan.

Maka dari itulah penting bagi ibu untuk tahu jenis-jenis makanan apa saja yang baik untuk tumbuh kembang janin, agar ibu dapat melahirkan bayi yang sehat, pintar dan cerdas. Apa saja makanan yang perlu ibu hamil konsumsi agar melahirkan bayi yang pintar, marilah ikuti ulasan berikut ini.

Berikut Makanan Untuk Perkembangan Otak Janin

1. Sayuran Hijau

Untuk mendukung kecerdasan bayi ibu maka semenjak ibu hamil cobalah untuk mencintai bahan makanan berupa sayuran hijau. Hal ini disebabkan, pada sayuran hijau menyimpan kandungan antioksidan yang berguna untuk melindungi jaringan otak pada janin dari ancaman kerusakan. Konsumsi pula bahan makanan lain yang banyak memendam kandungan antioksidan tinggi seperti tomat dan juga buah pepaya.

Sebelum ibu mengkonsumsi bahan makanan tersebut, ada baiknya untuk selalu mencucinya dengan bersih agar sisa-sisa pestisida dapat diminimalis. Hal ini juga berlaku untuk semua jenis makanan yang hendak ibu masak terutama untuk jenis daging-dagingan dan juga ikan.

2. Jenis Daging Tanpa Lemak

Selanjutnya jenis makanan yang dapat mencerdaskan otak bayi didalam kandungan ialah daging bebas lemak. Pada daging yang bebas lemak ini akan menjadi sumber protein serta kaya akan kandungan vitamin B dan zat besi. Ibu hamil akan sangat membutuhkan zat protein untuk membantu perkembangan janin dan pertumbuhan otot bayi ibu.

Sedangkan vitamin B dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mendukung perkembnagan otak serta pertumbuhan jaringan pada tubuh janin. Dan untuk zat besi sendiri akan memiliki fungsi sebagai nutrisi penting yang akan melindungi janin dari kelahiran prematur dan mencegah bayi ibu lahir dengan berat badan yang rendah.

3. Jenis Ikan Laut

Makanan yang dapat memberi pengaruh baik untuk perkembangan otak janin didalam kandungan adalah dari jenis ikan laut seperti salmon dan ikan lainnya. Ikan salmon dan jenis ikan laut lainnya mengandung asam lemak omega 3 yang akan berguna untuk mendukung perkembangan saraf diotak janin.

Namun ibu juga perlu mengetahui akan porsi yang tepat dalam mengkonsumsinya, karena ditakutkan ikan-ikan laut ini berisiko terkandung zat merkuri yang membahayakan ibu dan janin ibu. Ibu bisa mengkonsumsi ikan laut ini cukup 2 porsi setiap minggunya.

4. Telur Ayam

Telur ayam yang biasa ibu konsumsi ternyata memiliki manfaat yang amat baik untuk sang buah hati ibu didalam kandungan. Selain mudah untuk didapatkan telur ayam ini banyak menyimpan kandungan yang baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Telur ayam mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi dan telur ayam ini merupakan sumber makanan yang banyak memiliki kandungan kolin.

Tahukah ibu bahwa kolin ini memiliki peranan yang begitu penting pada pertumbuhan otak janin di dalam perut ibunya. Kolin ini juga berguna untuk menurunkan risiko cacat bawaan lahir seperti kelainan pada tabung syaraf. Kolin ini dapat ibu peroleh dari telur pada bagian kuningnya, sehingga konsumsilah telur setiap hari secara utuh yaitu semua bagian putih dan kuningnya agar gizi yang didapat juga utuh dan berguna untuk pertumbuhan otak calon buah hati ibu.

5. Asupan Vitamin B

Sangat penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan vitamin B, apalagi asam folat. Asam folat adalah salah satu komponen yang paling dibutuhkan oleh ibu hamil, karena dengan adanya vitamin B berbentuk asam folat ini akan berperan aktif dalam pembentukan sel otak pada janin. Bila perlu konsumsilah suplemen vitamin B sebagai tindak pencegahan terhadap ancaman autisme.

6. Jenis Kacang-Kacangan

Agar ibu dapat melahirkan bayi yang pintar, ibu juga perlu mengkonsumsi bahan makanan yang memiliki kandungan magnesium seperti kacang-kacangan. Magnesium ini bermanfaat untuk mendorong perkembangan sistem saraf janin, dan mencegah kelahiran prematur. Dalam seperempat cangkir kacang almond berisi 98 miligram magnesium, dan jika dikonsumsi secara rutin sewaktu ibu hamil, akan sangat membantu menguatkan sistem saraf janin. Kacang-kacangan juga mengandung protein, asam lemak omega 3, vitamin, serat serta mineral penting lainnya.

7. Polong-Polongan

Polong-polongan merupakan sumber zat besi yang bisa ibu andalkan selain dengan mengkonsumsi daging tanpa lemak. Zat besi adalah nutrisi penting yang akan menjaga asupan oksigen pada janin. Oleh sebab itu ibu hamil harus selalu menjaga kadar zat besi dalam tubuhnya, jangan sampai masalah defisiensi zat besi ini mengganggu pertumbuhan fisik janin, khususnya pada bagian otak.

Dan itulah beberapa makanan ibu hamil yang dapat membantu perkembangan otak janin. Tentunya sebagai orang tua akan merasa bangga jika suatu hari nanti anak ibu dapat tumbuh menjadi pribadi yang kuat, sehat dan pintar. Hati-hati, selama proses kehamilan, Ibu harus waspada dan menghindari makanan yang memicu keguguran yang mungkin belum ibu pahami.