Makanan Tidak Sehat Untuk Perut

Makanan tidak akan pernah bisa dijauhkan dari kehidupan kita sehari-hari. Tanpanya, kita tidak akan mampu hidup lebih lama. Tetapi pemilihan makanan pun haruslah tetap dijaga dengan baik, karena di samping terdapat varian yang mengenyangkan dan memberikan energi kepada tubuh, terdapat pula jenis yang malah dapat merusak kesehatan anda, salah satunya mengirimkan lemak ke area perut anda sehingga memiliki bentuk yang buncit.

Selain tak sedap dipandang, bentuk perut yang bulat pun bisa mendatangkan berbagai macam penyakit untuk anda. Hal ini karena lemak visceral (nama dari lemak yang mendekam di perut Anda) tersebut bisa mempengaruhi proses di tubuh, sehingga anda pun beresiko terkena penurunan fungsi paru-paru, kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan masih banyak lagi.

Makanan Tidak Sehat Untuk Perut

Maka dari itulah, menjaga agar perut anda tetap ramping dan sehat merupakan sebuah keharusan agar bisa menikmati tubuh sehat sambil terhindar dari berbagai macam penyakit mengerikan penyebab kematian dini.

Salah satu untuk mencegahnya tentu saja melalui makanan. Faktanya, terdapat banyak sekali jenis makanan yang harus anda hindari! Tanpa berbasa-basi lagi, berikut adalah beberapa makanan yang tidak sehat untuk perut Anda yang harus anda hindari setiap saat.

Makanan Tidak Sehat Untuk Perut Anda

1. Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Perlu diingat sebelumnya bahwa terdapat 2 jenis karbohidrat yang harus anda ketahui, sebut saja “karbohidrat baik” dan “karbohidrat buruk”. Makanan yang terlalu padat akan karbohidrat dapat mengganggu keseimbangan flora usus anda, sehingga cenderung menciptakan peradangan di sana.

Jika anda ingin mendapatkan asupan karbohidrat sehat, anda bisa menemukannya dalam kentang kecil yang hanya memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 23%. Sisanya, kentang dikemas dengan air. Berbeda dengan kue-kue yang sudah memiliki banyak penggemar! Jenis kudapan lezat tersebut bisa memberikan hampir lebih dari 80% karbohidrat sehingga bisa membuat ‘marah’ perut anda.

Tetapi karena tubuh anda tidak akan bertahan tanpa adanya karbohidrat, maka dari itulah selalu jaga asupan dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki karbohidrat baik di dalamnya.

2. Lemak Jahat

Sama halnya seperti karbohidrat, lemak pun bisa kita kategorikan menjadi dua bagian, yaitu ‘lemak sehat’ dan ‘lemak jahat’. Adapun contoh lemak jahat diantaranya adalah lemak trans, lemak jenuh, dan asam lemak omega-6. Ketiga dari jenis lemak tersebut telah dikaitkan secara erat dan nyata dapat menciptakan peradangan sekaligus berkontribusi terhadap penumpukan lemak di perut secara berlebihan.

Beberapa contoh makanan yang harus anda hindari diantaranya adalah makanan kemasan (lemak trans), daging olahan atau daging berlemak tinggi, produk susu penuh lemak, beberapa permen dan kue yang mengandung lemak jenuh, dan gorengan yang dikemas dengan asam lemak omega-6.

3. Daging Olahan

Selain mengandung lemak jahat seperti yang sudah disebutkan di atas, daging olahan pun sangatlah tinggi akan kalori. Makanan ini tidak hanya sangat merugikan perut Anda, tetapi juga dapat mengarah ke berbagai macam penyakit mematikan seperti penyakit jantung dan stroke.

Menurut Julie Rothenberg, MS, RD, LDN, sendiri mengatakan bahwa daging olahan sangatlah susah untuk dicerna, sehingga dapat duduk di usus Anda lebih lama dan beresiko memperparah penumpukan lemak di perut Anda. Jadi, jika anda ingin terhindar dari perut buncit, cobalah hindari atau kurangi beberapa makanan lezat seperti hot dogs atau burger. Meskipun jenis makanan ini bukan berasal dari Indonesia, tetapi sekarang cenderung sudah menjadi makanan umum di kota-kota besar seperti Jakarta.

4. Gorengan

Gorengan atau jenis makanan yang digoreng dengan minyak terhidrogenasi dapat ‘memabukkan’ perut anda, sehingga bisa menyebabkan asam lambung dan heartburn. Rothenberg menambahkan bahwa makanan gorengan tersebut dapat duduk di perut anda seperti halnya makanan olahan yang berbahaya. Perut Anda akan membutuhkan waktu yang lama untuk mencernanya karena kandungan lemaknya yang sangat tinggi. Untuk alasan inilah, makanan gorengan termasuk ke dalam jenis yang harus Anda hindari jika ingin terhindar dari perut buncit.

5. Susu Berlaktosa Tinggi

Salah satu kunci utama menjaga perut anda tetap sehat adalah dengan menghindari FODMAP, yaitu sejenis karbohidrat yang secara cepat difermentasi oleh flora usus anda. Sebut saja laktosa, yaitu sejenis gula yang ditemukan dalam susu binatang, dimana telah termasuk ke dalam jenis FODMAP. Saat Anda mengkonsumsi susu, maka laktosa tersebut akan dipecah di usus kecil dengan menggunakan sejenis enzim bernama laktase.

Sayangya, seiring dengan berjalannya usia seseorang, tubuh pun akan semakin sedikit memproduksi enzim laktase tersebut sehingga ketika asupan FODMAP terlalu banyak, maka akan menyebabkan masalah terhadap perut Anda.

6. Makanan Dengan Fruktosa Tinggi

Selain laktosa, fruktosa pun termasuk ke dalam FODMAP. Tentu saja, makanan yang mengandung terlalu banyak fruktosa pun dapat memberikan efek serupa terhadap perut Anda, seperti memproduksi gas berlebih, sakit perut, perut kembung, hingga sakit diare.

Faktanya, pada sebuah penelitian dari Journal of Clinical Gastroenterology di tahun 2008 menemukan bahwa mereka yang tengah menderita sindrom iritasi usus mampu mengobati gejalanya setelah berhenti mengkonsumsi makanan dengan fruktosa tinggi.

7. Bawang Merah dan Bawang Putih

Kedua jenis sayuran ini sudah terbukti menjadi salah satu makanan tersehat yang bisa Anda dapatkan, betul? Tetapi sayangnya, harap hindari mengkonsumsinya terlalu berlebihan karena bisa berefek buruk pada kesehatan perut Anda.

Terdapat sebuah serat dalam bawang merah dan bawang putih yang disebut sebagai fruktan. Sayangnya, tubuh Anda tidak akan mampu mencerna jenis serat ini sehingga beresiko terkena perut kembung. Bahkan serat ini pun disebut-sebut sebagai jenis yang sudah termasuk ke dalam FODMAP lainnya yang dapat menyebabkan lebih banyak gejala terhadap perut Anda jika asupannya tidak dikontrol dengan teratur.

8. Pemanis Buatan

Tanpa diragukan lagi, buah-buahan dan sayuran merupakan jenis makanan yang sangat baik untuk tubuh Anda. Tetapi sekali lagi, tetap jaga asupannya karena beberapa diantara mereka mengandung sejenis FODMAP.

Sebut saja alkohol gula, yaitu sejenis pemanis alami rendah karbohidrat yang terdapat dalam beberapa buah-buahan seperti apel, blackberry, persik, dan pir; serta dalam sayuran termasuk kembang kol, jamur, dan kacang polong. Alkohol gula ini tidak dapat melewati dinding sel Anda dengan mudah, sehingga bakteri pun akan mencernanya dan menyebabkan produksi gas berlebih dan perut kembung.

Beberapa pemanis buatan malah dapat berefek lebih parah lagi daripada itu, sehingga anda pun sebisa mungkin harus menghindari beberapa tipe seperti isomalt, mannitol, dan polydextrose. Ketiga pemanis buatan tersebut selalu hadir di dalam makanan kemasan, jadi pastikan untuk selalu mengecek label mereka sebelum membelinya.

9. Makanan Bebas Lemak

Banyak orang mengira bahwa dengan memilih jenis makanan bebas lemak, maka dapat meningkatkan kesehatan tubuhnya semaksimal mungkin. Tetapi faktanya berbeda, karena makanan bebas lemak malah akan memperparah kondisi sakit perut Anda.

Menurut seorang pendiri dan CEO dari Lumi bernama Hillary Lewis Murray mengatakan bahwa makanan bebas lemak mengandung banyak sekali bahan pengawet dan bahan kimia buatan. Sementara itu, tubuh manusia tidak diciptakan untuk mencerna bahan-bahan buatan, sehingga Anda pun beresiko terkena perut kembung serta kelelahan.

Makanan bebas lemak dan makanan tinggi lemak sangat buruk untuk kesehatan Anda. Jadi solusinya, temukanlah makanan yang mengandung lemak sehat seperti ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 menyehatkan.

Obat Sakit Kepala

Asri
3 min read

Pengertian Obat

Asri
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close