Makanan Pemicu Keguguran

Sebagai seorang ibu hamil pasti rela melakukan apa saja demi menjaga keselamatan bayi yang sedang ia kandung. Salah satunya seperti menghindari kebiasaan mengkonsumsi makanan-makanan yang sering dinikmati dulunya sebelum hamil, karena ditakutkan akan memberi pengaruh kurang baik untuk kehamilannya. Memang tidak dapat di pungkiri bahwa saat hamil tubuh anda akan lebih berisiko mengalami banyak gangguan dan keracunan makanan, untuk itu anda harus benar-benar cermat dalam memakan apa saja.

Makanan Pemicu Keguguran

Hal ini sangat perlu di perlu dialkukan oleh setiap ibu hamil karena kondisi tubuh telah berubah, ada janin yang harus dilindungi dan dirawat sehingga ketika dulu anda mengkonsumsi sembarangan makanan dan pastilah anda akan baik-baik saja, tapi sekarang anda tidak bisa melakukan hal tersebut lagi.

Ada beberapa makanan yang memang menjadi pantangan untuk anda ketika hamil, karena ditakutkan akan menimbulkan reaksi yang buruk bagi calon bayi anda, dan dapat pula berakibat sangat fatal karena dapat menjadi faktor pemicu keguguran. Untuk itu agar anda bisa lebih tenang dalam mengkonsumsi makanan, lebih baik cobalah untuk mengetahui jenis-jenis makanan apa saja yang harus dihindari saat hamil. Berikut ini penjelasan lebih rincinya tentang makanan yang  memicu keguguran.

Makanan Pemicu Keguguran yang Harus Dihindari Ibu Hamil

1. Buah Pepaya Mentah

Jika anda suka memakan buah pepaya yang masih setengah matang untuk dibuat bahan rujak atau salad buah maka ketika anda hamil harus membuang kebiasaan tersebut. Buah pepaya yang belum matang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil, karena pepaya yang masih setengah matang ini mengandung lateks yang dapat menyebabkan rahim anda berkontraksi.

Lateks yang terkandung pada buah pepaya yang masih belum matang ini bisa memiliki sifat yang sama seperti prostaglandin dan oksitoksin, yaitu hormo yang biasanya dihasilkan oleh tubuh seseorang untuk membantu proses persalinan yang akan berguna untuk memperkuat kontraksi saat akan melahirkan.

Jika anda hendak memakan buah pepaya saat hamil, maka disarankan untuk memilih buah pepaya yang kondisinya 100 persen telah matang. Buah pepaya dengan kematangan sempurna baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena banyak mengandung serat dan juga asam folat yang baik untuk anda dan juga janin. Buah pepaya juga akan memberi asupan vitamin C dan E yang baik pula untuk kesehatan tubuh anda.

2. Buah Nanas

Meskipun buah nanas ini mengandung banyak vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh namun didalam buah nanas juga terdapat kandungan enzim bromelain. Enzim bromelain ini dikenal dapat membantu melunakan leher rahim serta merangsang terjadinya kontraksi. Oleh karena itu, jika anda mengkonsumsi buah nanas ini apalagi pada masa awal kehamilan akan membuat kehamilan anda mengalami masalah dan tidak hanya itu parahnya lagi dapat membuat kehamilan anda mengalami keguguran.

Sehingga sangat disarankan untuk anda yang sedang hamil, cobalah untuk menghindari mengkonsumsi buah nanas terlebih dahulu selama masa kehamilan, apalagi jika sampai berlebihan dalam mengkonsumsinya, meski memang segar untuk dinikmati namun jika memberi efek yang buruk mengapa harus tetap dikonsumsi?

3. Daging Mentah Atau Setengah Matang

Tidak hanya telur mentah yang dapat berisiko menimbulkan masalah pada tubuh anda dan janin, namun daging mentah atau yang dimasak setengah matangpun dilarang keras untuk dikonsumsi. Hal ini disebabkan karena pada daging mentah terdapat parasit berbahaya yang bernama toksoplasma gondi. Selain itu, pada daging mentah atau setengah matang terkadang juga terkontaminasi oleh bakteri salmonella. Sehingga perlu bagi anda untuk mengkonsumsi daging dengan tingkat kematangan yang baik untuk mengurangi risiko keguguran pada kehamilan anda dan bayi terlahir meninggal.

Untuk itu penting bagi anda untuk memasak daging sampai benar-benar matang, berlaku untuk semua daging baik daging merah, daging putih dan juga makanan laut.

4. Deli Meat

Deli meat adalah jenis daging olahan yang telah dipotong-potong menjadi lembaran-lembaran dan biasanya digunakan untuk isian sandwich ataupun dalam pembuatan hamburger rumahan. Yang harus anda ketahui bahwa deli meat ini diketahui mengandung lesteria yaitu sejenis bakteri yang dapat menyebabkan keguguran. Bakteri listeria ini dapat memasuki palsenta dan dimungkinkan dapat mencapai janin.

Untuk itu disarankan sebelum anda menikmati deli meat ini apalagi ketika anda sedang hamil diharuskan untuk memanaskan lagi deli meat tersebut sampai matang sebelum anda memakannya.

5. Telur Mentah Atau Setengan Matang

Baik telur mentah dan telur yang telah dimasak namun dalam kondisi setengah matang ini akan mengandung bakteri salmonella, yaitu bakteri yang akan meningkatkan risiko keguguran. Bahkan tidak hanya keguguran, bakteri ini akan memberi dampak buruk juga untuk nyawa anda. Maka dari itu hindarilah mengkonsumsi telur mentah atau setengah matang terlebih ketika anda sedang hamil.

Usahakan saat memasak telur harus benar-benar matang sampai kedalam bagian kuningnya. Ibu hamil juga dilarang mengkonsumsi mayonaise karena makanan ini juga mengandung telur mentah. Tanyakan dahulu jika ingin membeli makanan apakah makanan tersebut mengandung bahan telur mentah atau tidak, supaya lebih aman dan tenang saat memakannya.

Dan itulah beberapa makanan yang perlu anda waspadai untuk dikonsumsi saat hamil. Bila perlu hindari terlebih dahulu makanan-makanan tersebut pada kehamilan trisemester pertama, karena pada saat itu tubuh anda akan sangat rentan terhadap segala sesuatu hal dan dapat menyebabkan keguguran pada kehamilan anda. Dan cobalah untuk selalu mencari tahu hal-hal apapun yang dapat memberi dampak buruk untuk kehamilan, karena hal itu akan sangat membantu kehamilan anda berjalan dengan baik dan lancar hingga proses persalinan.

Tips Melahirkan Normal

Asri
3 min read

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Asri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close