Makanan Mengandung Kalium Tinggi

Ketika kita mulai memikirkan jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, beberapa yang mungkin tersirat di dalam benak Anda adalah protein, serat, kalsium, vitamin, atau bahkan asam lemak omega-3. Tapi bagaimana dengan kalium? Apakah selalu Anda pikirkan mengenai asupannya? Sayangnya, masih banyak orang yang mengalami kekurangan jenis elektrolit esensial yang satu ini.

Faktanya, kalium sendiri dapat membantu saraf dan otot-otot Anda untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya, memindahkan nutrisi lain ke dalam sel-sel Anda, dan menjaga kadar sodium Anda tetap seimbang. Sebaliknya, menurut National Institute of Health mengatakan bahwa kekurangan kalium dapat menyebabkan Anda terkena berbagai macam masalah dan kondisi kesehatan, satu diantaranya adalah meningkatkan tekanan darah serta beresiko terkena batu ginjal.

Tetapi kabar baiknya, Anda masih bisa menemukan berbagai macam sumber kalium dari makanan yang lezat dan menyehatkan dan yang paling terkenal adalah buah pisang yang mengandung kalium tinggi. Di dalam buah kuning manis tersebut saja sudah terdapat sekitar 422 mg dari kalium, atau sekitar 9 persen dari 4.700 mg kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Pisang Mengandung Kalium

Lantas, apakah pisang satu-satunya sumber dari kalium? Tentu saja tidak! Anda masih bisa menemukan jenis mineral penting ini dalam makanan lainnya. Hanya saja, cukup sulit untuk bisa mengetahuinya karena orang cenderung tidak mengutamakan nutrisi yang satu ini. Tetapi untungnya, di bawah ini kami telah paparkan untuk Anda beberapa jenis makanan sumber kalium selain pisang yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Tanpa banyak berbasa-basi lagi, berikut adalah daftarnya untuk Anda.

Makanan Mengandung Kalium Tinggi

1. Ubi Manis

Selain rasanya yang memuaskan dan bisa Anda gunakan sebagai kudapan pengganti makanan manis, ternyata ubi manis pun mengandung sejumlah kadar kalium yang lumayan banyak, yaitu sekitar 542 mg atau 12% dari kebutuhan harian Anda.

Tidak hanya itu, Anda pun bisa menemukan nutrisi lainnya dari ubi manis lezat ini, termasuk vitamin A yang baik untuk mata, vitamin C yang baik untuk kulit, hingga serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan Anda dengan efektif.

2. Kentang

Jangan selalu terpaku pada pisang jika berbicara mengenai makanan yang mengandung kalium, faktanya kentang jauh lebih banyak memiliki kandungan nutrisi tersebut. Dari satu buah kentang rebus saja, Anda bisa mendapatkan sekitar 941 mg kalium atau 20% dari kebutuhan harian Anda.

Terlebih lagi, jika Anda mampu mengolahnya secara benar (direbus atau dimasukkan ke dalam sup), maka sayuran ini dapat memberikan keuntungan lainnya, yaitu menyediakan sejumlah vitamin C dan magnesium, tetapi rendah akan kalori, lemak, serta sodium di saat yang bersamaan.

Namun Anda harus tetap berhati-hati dalam mengolahnya. Kentang yang digoreng di beberapa tempat restoran cepat saji bukan berarti memiliki kandungan yang sama dan menyehatkan. Bahkan beberapa di antara mereka (seperti french fries dan keripik kentang) cenderung bisa merugikan tubuh sehingga dapat memicu kondisi dan masalah kesehatan.

3. Tomat

Meskipun kandungan kaliumnya berada di bawah kentang, tetapi tomat masih patut untuk didapatkan. Tomat mengandung sekitar 728 mg kalium atau 15% kebutuhan harian Anda sekaligus kaya akan likopen, yaitu sejenis pigmen tumbuhan pelawan penyakit yang biasanya terdapat dalam buah dan sayuran berwarna kuning atau oranye.

4. Semangka

Santap dua irisan semangka yang menyegarkan hari ini, maka Anda akan mendapatkan asupan kalium sebanyak 641 mg atau 14% dari kebutuhan harian Anda. Sama halnya seperti buah tomat, semangka pun termasuk ke dalam jenis buah yang mengandung likopen, serta disempurnakan dengan vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6.

Selain itu, lebih dari 90% kandungan dari semangka adalah air, jadi Anda pun akan merasa lebih kenyang setelah mengkonsumsi buah berair yang satu ini. Itu artinya, Anda pun akan terhindar dari makan berlebih atau food cravings yang biasanya berkontribusi terhadap kenaikan berat badan Anda sehingga beresiko terkena obesitas.

5. Bayam

Siapa sih yang tidak tahu mengenai sayuran super yang satu ini? Faktanya, bayam sudah termasuk ke dalam makanan super atau ‘superfoods’ yang telah terkenal dan terbukti mampu memberikan manfaat kesehatan sekaligus mengatasi berbagai macam penyakit jika dikonsumsi secara teratur. Anda bisa mendapatkan sekitar 540 mg kalium atau 11% dari kebutuhan ahrian Anda.

Tak hanya itu, bayam juga kaya akan magnesium, vitamin A, dan kalsium. Anda pun cenderung lebih mudah mendapatkannya, dan bisa dibeli dengan harga murah. Jadi, kenapa anda masih malas mengkonsumsi sayur bayam? Bahkan para ahli kesehatan saja sudah sering menyebut sayuran ini sebagai obat termurah yang bisa Anda dapatkan setiap harinya untuk mencegah berbagai macam penyakit berbahaya dan mematikan.

6. Akar Bit

Pernah dengar nama dari akar tanaman yang satu ini? Buah bit atau akar bit merupakan jenis tanaman yang memiliki warna merah pekat yang juga tidak kalah dalam memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh Anda.

Satu cangkir dari bit yang telah diiris-iris ini akan memberikan Anda sekitar 518 mg kalium atau 11% dari kebutuhan harian Anda. Terlebih akar tanaman ini terasa manis sehingga bisa sangat serbaguna. Anda bisa menjadikannya salah satu bahan salad, jus, maupun dicampurkan ke dalam sup.

Dan tentu saja, terdapat alasan kenapa para atlet disarankan untuk mengkonsumsi jus akar bit sebelum latihan. Dalam sebuah ulasan studi di tahun 2017, para peneliti menyimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi jus bit 90 menit sebelum olahraga dimulai dapat meningkatkan performa dan kinerja mereka menjadi lebih baik. Nah, bagi Anda yang senang berolahraga, tidak ada salahnya untuk mencoba jenis akar tanaman menyehatkan yang satu ini.

7. Kacang Hitam

Pernah membeli kacang kalengan? Mulai dari sekarang, cobalah untuk membeli kacang hitam secara langsung agar manfaat yang Anda dapatkan darinya lebih banyak. Kacang hitam atau black beans dapat meningkatkan asupan protein serta serat Anda, yaitu dua macam nutrisi yang berfungsi dalam menjaga perut Anda tetap merasa kenyang sehingga mencegah Anda makan berlebih.

Pada kacang hitam terdapat pula kandungan kalium di dalamnya, yaitu sekitar 739 mg atau 16% dari kebutuhan harian anda, sambil dikemas dengan kalsium, magnesium, dan folat. Masih punya alasan untuk melewatkan jenis kudapan yang satu ini?

8. Kacang Putih

Jenis kacang ini mungkin menjadi salah satu sumber kalium terbanyak dari daftar yang telah disebutkan di atas, yaitu hingga mencapai 1189 mg per satu cangkirnya. Artinya, ini sudah mencakup seperempat dari kebutuhan kalium harian Anda. Ditambah lagi dengan kadar protein sebanyak 20 gram dan serat sebanyak 13 gram di dalamnya, sehingga membuatnya menjadi salah satu jenis makanan paling menyehatkan yang harus Anda dapatkan secara teratur.

9. Edamame

Kacang kedelai telah dianggap sebagai salah satu sumber protein berbasis tanaman terbaik yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Bahkan jenis yang masih setengah matang (yang disebut sebagai edamame) sudah siap memberikan Anda sekitar 676 mg kalium per cangkirnya, atau 14% dari kebutuhan harian Anda. Edamame sangatlah lezat dikonsumsi sebagai teman camilan di sore hari, sambil menyediakan manfaat kesehatan yang melimpah ruah untuk tubuh Anda.

Demikian ulasan tentang 9 makanan yang mengandung kalium melimpah selain buah pisang. Usahakan Anda mengkonsumsi makanan ini yang membuat Anda akan selalu sehat.

Obat Sakit Kepala

Asri
3 min read

Pengertian Obat

Asri
3 min read

Cara Mengobati Leher Tengeng

Asri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close