Cara Mengobati Sakit Perut

Semua orang pasti sudah merasakan yang namanya sakit perut. Seakan tidak perduli dengan usia, sakit perut akan menyerang siapa saja yang di dalam tubuhnya terdapat penyebab yang mengundang munculnya sakit perut itu sendiri.

Sakit perut memiliki penyebab yang beragam. Sehingga penanganan sakit perut yang diderita oleh seseorang akan berbeda dengan orang lainnya, bergantung kepada gejala dan penyebab yang melatarbelakanginya.

Cara Mengobati Sakit Perut

Karenanya penting untuk mengetahui penyebab dan gejala yang mengawali sakit perut. Dengan begitu, kita kemudian bisa menentukan langkah apa yang harus dilakukan untuk mencegah ataupun mengobati sakit perut.

Penyebab sakit perut

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya. Sakit perut tidak hanya memiliki satu penyebab, melainkan bermacam-macam penyebab. Dan dibawah ini, akan diulas mengenai penyebab umum sakit perut dengan gejala atau kondisi yang menyertainya. Kemudian setelahnya, akan diulas juga mengenai obat sakit perut yang bisa Anda pakai untuk menyembuhkan sakit perut.

1. Sakit perut karena diare

Diare adalah penyebab sakit perut yang umum terjadi di masyarakat. Diare, biasanya juga disertai dengan rasa kram di sekitar perut. Bila ini terjadi, maka kemungkinannya adalah Anda sedang mengalami kondisi peradangan lambung dan usus yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Kondisi ini di dunia mesdis juga dikenal dengan istilah gastroenteritis.

Adapun penderita sakit perut yang diawali oleh diare dan kram perut, akan mengalami kondisi tubuh yang sangat menurun disebabkan terlalu banyaknya cairan tubuh yang terbuang. Jika mengalami kondisi ini, maka mengkonsumsi cairan yang cukup adalah salah satu solusi untuk menangatasinya.

Dan meskipun biasanya kondisi ini bisa sembuh dengan sendirinya. Namun disarankan agar Anda segera memeriksakan diri ke dokter, apalagi jika kondisi ini terjadi dalam waktu yang lama.

2. Sakit perut karena masuk angin

Sakit perut juga bisa disebabkan karena masuk angin. Orang-orang yang gemar mengkonsumsi makanan seperti kol, bawang bombai, brokoli dan minuman bersoda biasanya akan rentan mengalami hal ini. Penyebabnya tidak lain karena makanan dan minuman tersebut, merupakan jenis makanan dan minuman yang dapat memproduksi angin dalam jumlah yang tinggi.

Mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat-obatan yang saat ini banyak dijual di apotik-apotik. Selain itu, Anda juga bisa menghindari masuk angin dengan cara mengkonsumsi makanan dengan teknik mengunyah pelan.

Kedua penyebab sakit perut diatas biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Namun jika rasa sakit perut yang Anda alami terasa sangat parah dan menyiksa. Maka sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Karena bisa jadi, sakit perut yang Anda rasakan merupakan gejala penyakit lain yang lebih serius.

Obat sakit perut

Ada berbagai macam obat sakit perut yang tersedia dan dijual di apotik-apotik. Selain itu, untuk mengobati sakit perut Anda juga bisa menggunakan obat-obatan yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Sebagai pertimbangan, beberapa saran obat sakit perut dibawah ini bisa Anda coba. Namun ingat, pilihlah obat sakit perut yang sesuai dengan penyebab dan gejala sakit perut yang Anda alami.

A. Obat sakit perut melilit

Untuk mengatasi sakit perut melilit, Anda bisa mencoba menggunakan beberapa langkah dibawah ini.

1. Kompres dengan air hangat

Sakit perut melilit kadang disebabkan karena ketegangan otot dinding perut. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan pengompresan pada bagian perut yang terasa sakit. Hal ini bertujuan untuk memberikan efek relaksasi pada otot-otot yang menegang sekaligus untuk melancarkan darah. Lakukan tindakan ini selama kurang lebih 15 sampai 20 menit.

2. Minum obat pereda nyeri

Untuk sakit perut melilit yang tergolong ringan. Anda bisa mengatasinya dengan cara mengkosumsi obat pereda nyeri seperti naproxen atau ibuprofen. Kedua obat ini dapat meringankan sakit perut melilit yang disebabkan karena diare.

3. Melakukan gerakan-gerakan ringan

Selain dengan pengompresan dan meminum obat pereda nyeri. Sakit perut melilit juga bisa diatasi dengan melakukan gerakan ringan seperti jalan-jalan pelan. Langkah ini, bertujuan untuk melancarkan pencernaan.

B. Obat sakit perut mencret

Untuk sakit perut mencret. Anda bisa menggunakan obat-batan yang saat ini telah tersedia dan dijual di apotik-apotik. Beberapa obat sakit perut mencret yang terkenal ialah :

1. Diapet

Sebagian dari Anda mungkin sudah mengenal obat sakit perut yang satu ini. karena memang, diapet sudah dikenal luas oleh masyarakat karena keampuhannya dalam mengobati sakit perut. Diapet bisa Anda gunakan untuk mengatasi sakit perut karena diare.

2. Norit

Obat sakit perut berbentuk tablet ini juga terbukti ampuh untuk mengobati sakit perut yang disebabkan oleh diare. Selain ampuh, norit juga diklaim bebas dari efek samping karena bahan yang dipakai untuk membuatnya berasal dari bahan alami tumbuh-tumbuhan berkhasiat. Norit bisa di minum dengan dosis 2 sampai 3 kapsul sehari, sedangkan untuk anak-anak, Anda bisa memberi norit dengan dosis 3 kali sehari 1 kapsul. Atau jika ragu, Anda bisa berkonsiltasi dahulu dengan dokter terkait penggunaan obat ini.

C. Obat sakit perut kembung (masuk angin)

Sakit perut kembung atau masuk angin bisa diatasi dengan melakukan langkah-langkah penceganan mandiri sebagai berikut :

  1. Melakukan teknik makan perlahan dengan porsi makanan sedang.
  2. Menghidari makanan berlemak dan minuman-minuman bersoda.
  3. Akitf berolahraga.
  4. Menghentikan kebiasaan merokok.
  5. Ketika mengkonsumsi permen karet atau permen lainnya. Maka usahakan agar jangan terlalu keras dalam menghisapnya. Dan ketika minum juga upayakan agar tidak memakai sedotan.

Obat sakit perut tradisional

Selain menggunakan obat-obatan kimia dan melakukan langkah-langkah pengobatan mandiri. Anda juga bisa memanfaatkan obat sakit perut tradisional yang terbuat dari bahan-bahan alami. Berikut ini diantaranya :

1. Jahe

Selain berkhasiat untuk mengobatai penyakit lainnya. Jahe juga berguna untuk mengobati sakit perut. Anda bisa mengkonsumsinya dengan membuat minuman teh yang terbuat dari jahe.

2. Air lemon

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sakit perut menggunakan lemon adalah dengan cara mengkonsumsi air perasan buah lemon yang sudah dicampur dengan air hangat.

3. Cuka apel

Cuka apel juga berkhasiat untuk meringankan sakit perut. selain itu, ia juga bermanfaat untuk membantu proses pencernaan serta penyerapan nutrisi di dalam tubuh.

Obat sakit perut untuk ibu hamil

Untuk ibu hamil yang menderita sakit perut. langkah pengobatan yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Konsumsi makanan bergizi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi.
  2. Atur pola makan dan hindari makanan yang dapat memproduksi asam lambung berlebihan seperti makanan yang terlalu pedas, minuman bersoda, cafein, teh dan lain-lain.
  3. Janganlah memakan makanan yang belum benar-benar matang ketika dimasak.
  4. Biasakan untuk mengkonsumsi buah-buahan, sayuran dan juga air putih agar kebutuhan tubuh akan serat, cairan dan vitamin tercukupi.

Obat sakit perut untuk anak

Anak-anak dengan rentang usia 10 sampai 12 tahun biasanya sangat rentan terkena sakit perut. jika ini terjadi, maka beberapa langkah dibawah ini bisa dilakukan untuk mengatasinya :

1. Minumkan air jahe

Seperti sakit perut pada orang dewasa. Sakit perut yang terjadi pada anak-anak juga bisa diatasi dengan pemberian air jahe. Setelah minum air jahe, kondisi perut anak akan menjadi tenang dan sakit perutnya pun akan berkurang.

2. Memijat bagian kaki anak

Setiap syaraf yang ada ditubuh kita ternyata terhubung langsung dengan beberapa titik syaraf di kaki. Karenanya, untuk mengatasi sakit perut anak, Anda bisa melakukan pijatan lembut di area sekitar ibu jari kaki, ujung setiap jari dan bagian tengah telapak kaki anak-anak.

3. Berikan yogurt

Selain dengan meminumkan air jahe. Pemberian yogurt pada anak juga bisa mengatasi sakit perut anak. Hal ini disebabkan karena yogurt mengandung lactobacillus yang berperan dalam menambah daya kerja bakteri baik yang ada di dalam perut anak. Selain itu, ia juga bermanfaat untuk membantu penyerapan nutrisi di dalam usus.

Nah itulah beberapa obat sakit perut yang bisa Anda pilih untuk mengobati sakit perut. Agar hasilnya maksimal, sebelum melakukan pengobatan secara mandiri. Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kepercayaan Anda.

Manfaat Kolang Kaling

Asri
2 min read

Obat Sakit Tenggorokan

Asri
4 min read

Obat Sakit Kepala

Asri
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close