Cara Mengobati Hidung Tersumbat Pada Bayi

Cara mengobati hidung tersumbat pada bayi yang baru lahir menjadi salah satu informasi yang menarik untuk dipelajari. Bayi yang baru lahir memang rentan mengalami hidung tersumbat. Bunda yang baru mengalami pengalaman pertama memiliki seorang anak pasti bisa merasa bingung karenanya.

Oleh karena itu, terdapat cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang bisa Anda coba. Cara ini menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di alam sehingga aman digunakan. Ada beberapa cara mengobati hidung tersumbat pada bayi yang bisa Anda pelajari pada penjelasan di bawah ini.

Solusi dan Cara Mengobati Hidung Tersumbat Pada Bayi Paling Sederhana

Menyembuhkan hidung tersumbat pada bayi

Sebelum mengetahui tentang cara mengobati hidung tersumbat pada bayi, mari cari tahu terlebih dahulu tentang penyebab utama dari tersumbatnya hidung pada bayi yang baru lahir. Salah satu penyebab dari tersumbatnya hidung bayi yang baru lahir adalah karena kuman. Selain itu, bayi memiliki hidung yang masih sangat kecil.

Kondisi ini membuat ia sering bersin dan membuat hidung menjadi tersumbat. Bahkan, bayi yang rewel dan sering menangis memiliki resiko yang lebih tinggi mengalami hidung tersumbat. Jika hidung bayi sepeti tersumbat tapi tidak pilek, mungkin menangis yang terlalu sering adalah salah satu penyebabnya.

Berikut cara mengobati hidung tersumbat pada bayi yang bisa Anda coba

1. Berikan bantuan pernapasan

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan memberikan bantuan pernapasan. Cara memberikan bantuan pernapasan adalah dengan memberikan tetes hidung saline. Tetes hidung tersebut dapat mengatasi gangguan pernapasan dari hidung bayi yang dipenuhi dengan lender. Anda juga bisa menggunakan semprotan hidung untuk membersihkan hidung bayi. Hal yang paling penting yang harus Anda ingat adalah tidak boleh terlalu agresif dalam memberikan semprotan pada bayi. Hidung bayi masih sangat kecil. Jangan sampai Anda menyakiti bayi Anda.

2. Mengeluarkan lendir pada hidung bayi

Cara berikutnya untuk mengatasi hidung bayi tersumbat tapi tidak ada ingus adalah dengan mengeluarkan lendir pada hidung bayi. Angkatlah kepala bayi dan tambahkan pengganjal di bawah boks bayi sebentar. Janganlah meletakkan bantal di bawah tempa tidur karena ini bisa menimbulkan resiko kematian bagi bayi Anda.

3. Tekan lembut hidungnya

Cara mengobati hidung tersumbat pada bayi sederhana lainnya adalah dengan menekan lembut hidung bayi dan area pada sekitar hidung. Setelah itu, Anda bisa membersihkannya. Dengan melakukan hal tersebut, pernapasan bayi akan menjadi lebih lega. Gunakan bahan yang lembut untuk membersihkan ingus pada bayi. Berikan pijatan yang lembut agar pernapasan bayi menjadi lebih rileks. Akhirnya, lendir pada hidung bayi pun akan bisa keluar dengan lebih mudah.

4. Uap minyak kayu putih dalam mangkuk

Cara ini seringkali dicoba oleh banyak bunda. Anda bisa menggunakan uap dari minyak kayu putih dari dalam mangkuk. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan balsam pelega pernapasan khusus untuk bayi. Oleskan pada bagian dada, leher, dan bagian punggung bayi. Oleskan dengan lembut sambil memijat bayi. Kedua cara ini dapat mengatasi hidung tersumbat pada bayi dengan aman dan cepat. Dengan menggunakan balsam dan minyak kayu putih, ini akan membantu bayi untuk bisa bernapas dengan lebih lega.

5. Meneteskan larutan garam murni

Untuk membuat larutan garam murni, Anda bisa melarutkan ¼ sendok garam ke dalam setengah gelas air hangat. Gunakan pipet untuk meneteskan larutan ini pada hidung bayi. Anda bisa membeli pipet di apotik. Apabila Anda ingin menggunakannya selama beberapa kali, Anda bisa membersihkannya menggunakan air hangat. Setelah ingus menjadi encer, Anda bisa mencoba mengeluarkan ingus pada bayi dengan menggunakan penyedot ingus. Gunakan penyedot ingus dengan baik agar tidak menyakiti bayi.

Baca juga : Cara Menyembuhkan Biang Keringat Pada Bayi

Kelima cara mengobati hidung tersumbat pada bayi di atas bisa Anda coba sendiri di rumah dengan mudah. Tidak sulit untuk melakukannya. Jadi, Anda tidak boleh panik ketika mendapati bayi Anda mengalami hidung yang tersumbat. Segera lakukan cara di atas untuk membantu pernapasan bayi Anda agar lebih baik. Tidak usah bingung. Namun, jika hidung tersumbat yang bayi Anda alami tersebut terjadi dalam waktu yang lama, Anda bisa langsung membawanya ke dokter.