Cara Mengobati Demam Pada Ibu Hamil

Wanita mana yang tidak kalang kabut jika demam melanda disaat ia sedang hamil, Karena ketakutan dan kecemasan seorang wanita dapat dengan cepat dirasakan pada saat dia mengalami kehamilan. Bahkan wanita hamil cenderung akan lebih merasa peka dan lebih sensitif terhadap segala sesuatu hal.

Tingkat emosi pada wanita hamilpun seringkali meningkat, hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon disaat hamil. Saat wanita hamil mengalami demam, pastilah akan langsung berfikir tentang keadaan sang buah hatinya didalam kandungan.

Cara Mengobati Demam pada Ibu Hamil dengan cara alami

Demam merupakan dimana kondisi tubuh mengalami peningkatan suhu tubuh pada waktu tertentu dan bisa juga menjadi tanda bahwa adanya penyakit yang sedang menyerang tubuh. Tubuh bisa dikatakan mengalami demam jika suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celcius, dan bila ibu hamil mengalami demam pada kehamilan trisemester pertama dengan suhu diatas 38,8 derajat celcius maka anda sebagai wanita hamil harus waspada dan segeralah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Sebab demam tinggi yang terjadi pada ibu hamil dapat memberikan ancaman cacat lahir pada bayi yang sedang Anda kandung, bahkan demam inipun akan menimbulkan risiko keguguran pada awal kehamilan.

Biasanya suhu tubuh yang semakin tinggi akan membuat risikonya semakin tinggi juga pada janin anda. Namun disarankan untuk anda wanita hamil yang terserang demam, agar tidak begitu panik, cobalah untuk mengunjungi dokter Anda atau bisa juga dengan melakukan penanganan secara alami terlebih dahulu dirumah. Saat demam terjadi maka penting bagi anda untuk mencari tahu penyebab demam tersebut, karena demam yang terjadi pada ibu hamil bisa dikarenakan oleh beberapa sebab yaitu seperti berikut ini.

Penyebab Demam Pada Ibu Hamil

Demam dapat diakibatkan oleh adanya virus pada pernapasan atau karena infeksi saluran kemih. Akan tetapi infeksi yang berbahaya juga akan menjadi penyebab yang dominan timbulnya demam ini. Pada umumnya timbulnya demam pada ibu hamil bisa dikarenakan oleh beberapa hal seperti masalah dehidrasi, hipertiroid, influenza, pneumonia, radang amandel dan terjadinya infeksi pada ginjal. Selain dikarenakan adanya penyakit-penyakit tadi, demam yang menyerang ibu hamil juga dapat disebabkan oleh keracunan makanan, biasanya akan ditandai dengan rasa mual, muntah dan sakit perut.

Sangat penting bagi anda yang sedang hamil untuk selalu memperhatikan gejala yang timbul saat demam terjadi, misalnya terjadi sakit pada bagian punggung, sakit perut, leher kaku, menggigil dan sesak napas. Biacarakan semua keluhan anda pada dokter, agar dokter dapat lebih tepat memberikan penanganan dan resep obat yang akan diberikan.

Dan setelah anda mengetahui penyebab dari adanya demam, bisa untuk mulai pada tahapan pengobatan masalah demam ini. Pengobatan demam bisa dilakukan dengan penanganan medis dan juga bisa dilakukan secara alami, untuk lebih jelasnya simak informasinya dibawah ini.

Cara Mengobati Demam Pada Ibu Hamil

Memang sangat disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter apabila didalam masa kehamilan anda terjadi gangguan demam. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan pada ibu hamil. Apabila demam datang dan pergi dengan sendirinya maka segera kunjungi dokter Anda.

Demam yang diakibatkan oleh virus biasanya dapat disembuhkan dengan cara yang sederhana saja, namun jika diketahui bahwa penyebab demam adalah bakteri, maka anda harus mendapatkan pengobatan seperti pemberian obat antibiotik. Bagi anda yang tengah hamil, tidak diperbolehkan mengkonsumsi ibuprofen atau aspirin, oleh sebab itu sebelum anda mengkonsumsi obat-obatan alangkah lebih baiknya untuk menanyakannya terlebih dahulu kepada dokter.

Selain melakukan pengobatan dengan bantuan tim medis, ada cara lain untuk mengatasi demam pada ibu hamil, yaitu menggunakan cara-cara alami, yang mudah untuk anda lakukan dirumah dan yang pasti aman.

Berikut cara alami untuk mengobati demam pada ibu hamil:

  1. Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan mengompres kening atau dahi memakai kain yang basah dengan air dengan suhu yang normal.
  2. Saat mandi, gunakanlah air hangat dan hindari mandi dengan memakai air dingin, karena dapat membuat anda kedinginan dan menggigil.
  3. Buatlah ruangan didalam rumah anda menjadi sejuk, dan jika berada di luar ruangan, maka pilihlah tempat yang teduh seperti berada di bawah pohon.
  4. Apabila suhu dalam ruangan terlalu panas, bisa memcoba menyalakan kipas angin namun hindari mengarahkan langsung pada tubuh karena dapat mengakibatkan anda menggigil kedinginan.
  5. Sangat dianjurkan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan didalam tubuh dengan banyak meminum air, sehingga dengan tubuh terhidrasi dengan baik akan membantu mendinginkan suhu tubuh dari dalam.
  6. Pakailah pakaian yang tipis dan nyaman, apabila anda merasa kedinginan maka bisa memakai selimut untuk menghangatkannya, dan segera buka selimut anda jika sudah merasa suhu tubuh meningkat.
  7. Jangan memakai pakaian yang tebal, dan menutupi seluruh bagian tubuh karena ditakutkan justru akan semakin meningkatkan suhu tubuh anda.

Demikian cara engobati demam pada ibu hamil yang bisa Anda lakukan, baik pengobatan demam secara alami dan juga dengan pengobatan dokter. Namun, perlu anda tahu bahwa semua yang alami adalah yang terbaik, karena bebas dari efek samping.

Cobalah untuk menghindari demam ketika hamil dengan rajin mencuci tangan, selalu menjaga kebersihan badan dan hindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit, karena beberapa virus-virus ini akan cepat sekali menular pada anda lewat udara yang anda hirup. Apalagi jika kondisi tubuh anda sedang melemah, pastinya akan sangat mudah penyakit menyerang anda, maka dari itu jangan berdekatan dulu dengan penderita, dan bila perlu gunakan masker untuk mencegah terjadinya penularan.

Tips Melahirkan Normal

Asri
3 min read

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Asri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close