Cara Mengobati Anyang-Anyangan

Anyang anyangan adalah penyakit yang disebabakan karena infeksi saluran kencing. Infeksi ini disebabkan karena bakteri e-colli, klebsiella, pseudomonas. Bakteri ini dapat menyebabkan anyang anyangan apa bila menempel pada saluran kemih Anda.

Untuk cara penempelannya pun beragam, salah satunya karena kurangnya kebersihan area organ intim, baik pada wanita maupun pria. Misalnya saja saat berhubungan intim, pria tidak mencuci organ intimnya terlebih dahulu, sedangkan wanita tidak buang air kecil sesudahnya. Kebiasaan ini akan membuat bakteri menempel dan tidak larut oleh air.

Cara Mengobati Anyang-anyangan

Selain karena bakteri atau virus, anyang anyangan juga dapat terjadi karena dehidrasi. Untuk cara mengobati anyang-anyangan ini sendiri sebenarnya mudah. Anda dapat menggunakan bahan alami yang ada di sekitar Anda. Penggunaan bahan alami ini, selain untuk menghemat biaya pengobatan juga tidak akan menimbulkan efek samping.

Cara Mengobati Anyang-Anyangan dengan Bahan Alami

1. Jeruk nipis

Penggunaan jeruk nipis untuk mengobati anyang anyangan sudah terbukti keefektifannya. Untuk mengobati anyang-anyangan menggunakan jeruk nipis biasanya akan dicampur dengan gula pasir.

Cara pembutan obat ini adalah dengan memotong-motong 1 buah jeruk nipis, lalu peras untuk di ambil sarinya. Setelah itu, campurkan air sari jeruk nipis pada segelas air hangat dan tambahkan 1 sendok makan gula pasir. Minum air jeruk nipis ini 2 kali sehari sampai anyang anyangan anda sembuh.

2. Daun kumis kucing

Bahan selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengobati anyang-anyangan adalah daun kumis kucing. Daun kumis kucing yang dapat digunakan untuk anyang anyangan adalah daun kumis kucing yang sudah dikeringkan.

Untuk cara pengolahan atau penyajiannya adalah dengan menyeduh daun kumis kucing kering dengan menggunakan air panas, anda juga dapat menambahkan gula pasir pada air seduhan daun kumis kucing ini. Setelah airnya berubah warna menjadi kecoklatan segera minum. Anda dapat meminumnya 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari.

3. Buah Sirsak

Penggunaan buah sirsak untuk mengobati anyang anyangan adalah pilihan yang tepat, pasalnya buah sirsak sudah terbukti dapat mengobati anyang-anyangan dengan efektif dan cepat.

Untuk mengobati anyang anyangan menggunakan sirsak pilih sirsak yang masih setengah matang. Cara pengolahannya adalah dengan mengupas kulit sirsak, selanjutnya campur dengan gula pasir dan 400 ml air. Rebus semua bahan hingga mendidih. Setelah itu angkat dan saring ampasnya. Minum air rebusan sirsak tersebut 3 kali sehari. Lakukan hingga anyang anyangan anda sembuh total.

3 bahan tersebut adalah bahan pilihan untuk mengobati anyang anyangan dengan cepat. Namun selain menggunakan bahan bahan alami seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda juga dapat menggunakan cara cara seperti berikut ini :

4. Mengikat ujung jari kaki

Cara tradisional yang sudah dilakukan orang sejak dulu untuk mengobati anyang anyangan adalah dengan mengikat ujung jari kaki khususnya jari jempol kaki Anda. Cara ini memang belum terbukti secara ilmiah, namun karena kepercayaan orang jaman dahulu cara ini juga cukup efektif.

Anda dapat mengikat ujung jari kaki anda selama kurang lebih 10 menit menggunakan gelang karet atau tali lainnya yang tidak menyebabkan luka, Anda juga dapat menggunakan tali dari sapu ijuk. Lakukan hal ini setiap hari sebelum tidur dan bangun tidur.

5. Minum air putih

Pengobatan anyang anyangan dengan banyak minum air putih ada hubungannya dengan salah satu penyebab anyang anyangan yaitu dehidrasi. Anyang-anyang yang disertai dengan warna air seni yang keruh ini biasanya pertanda dari anyang-anyangan yang disebabkan karena dehidrasi atau kurang minum.

Untuk itu perbanyaklah minum air putih setiap hari minimal 8 gelas/hari. Selain untuk mengobati anyang-anyangan dan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, air putih juga akan menghilangkan rasa sakit yang timbul saat buang air kecil yang disebabkan karena anyang-anyangan.

6. Balsem

Cara yang dapat anda lakukan selanjutnya untuk mengobati anyang anyangan adalah dengan mengoleskan balsem pada pusar Anda. Cara yang satu ini sudah terbukti cukup ampuh mengobati anyang anyangan, pasalnya rasa hangat pada perut atau pusar anda karena pengaruh balsam tadi, dapat mengurangi frekuensi buang air kecil anda.

Namun sayangnya cara ini harus dilakukan terus menerus, yaitu setiap rasa hangatnya hilang Anda harus mengoleskan balsemnya lagi. Untuk anda yang tidak tahan dengan panas atau hangatnya balsem, Anda dapat menggantinya dengan minyak kayu putih atau benda lain yang kehangatannya lebih rendah dari balsem.

7. Refleksi

Dengan memijat-mijat telapak kaki Anda ternyata juga dapat mengobati anyang anyangan anda dengan cukup cepat. Anda dapat melakukan refleksi dai bagian telapak kaki ini sendiri, atau dengan mendatangi outlet tempat pijat refleksi. Karena dengan mendatangi outlet refleksi. Tentu yang menangani adalah para ahli refleksi yang lebih mengetahui titik-titik di telapak kaki Anda yang perlu ditekan atau dipijat, untuk dapat menyembuhkan anyang-anyangan Anda.

8. Gemericik keran

Cara Mengobati Anyang Anyangan yang satu ini mungkin terdengar sedikit aneh. Namun dengan mendengarkan gemericik keran terbukti efektif dapat merangsang kandung kemih anda untuk mengeluarkan air seni. Ini dapat anda lakukan jika bagian perut bawah anda terasa keras namun anda sulit untuk buang air kecil. Perut bagian bawah yang keras ini adalah pertanda bahwa kandung kemih telah terisi penuh dan air seninya perlu dikeluarkan.

Demikianlah informasi tentang cara mengobati anyang-anyangan secara alami yang dapat Anda coba jika sewaktu-waktu Anda terkena anyang-anyangan. Semoga pembahasan di atas bermanfaat dan dapat membantu anda.

Obat Sakit Kepala

Asri
3 min read

Pengertian Obat

Asri
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close