Cara Menghilangkan Tungau

Semasa Anda kecil pasti pernah mengalami gatal pada area kulit yang susah dijangkau. Kemungkinan disebabkan oleh adanya binatang Tungau yang melekat atau menempel pada kulit di area sensitif tersebut. Kulit yang terkena tungau ini jika digaruk akan terasa enak dan sesaat terasa terobati dengan garukan ini. Namun lama-kelamaan akan berdampak dengan merahnya kulit atau bahkan sampai lecet yang terasa sakit dan perih. Perlu segera penanganan yang benar untuk cara menghilangkan tungau agar tidak membuat sakit atau lecet kulit.

Cara menghilangkan Tungau di Kulit

Tungau atau Tengu dalam bahasa ilmiah dikenal dengan Phtirus pubis diklasifikasikan kedalam jenis parasit yang sumber makanannya adalah darah. Pada tungau terdapat sungut atau saluran khusus untuk menghisap darah dan menimbulkan efek gatal pada penderitanya. Selain munculnya efek gatal akibat gigitan dari Tungau, dapat juga menyebabkan lecet atau bengkak dan terasa panas pada area yang digaruk. Dengan kondisi gatal yang disebabkan Tungau ini maka akan membuat tidak nyaman bagi penderitanya apalagi kalau menyerang orang dewasa yang sudah mempunyai rasa malu ketika mau menggaruk di tempat umum.

Tungau atau Pediculosis pubis

Tungau yang identik dengan binatang kecil sering menempel pada kulit anak-anak karena kadang anak-anak bermain di tempat lembab atau berpasir. Jarang Tungau menyerang orang dewasa karena orang dewasa lebih bisa menjaga kebersihan dibanding anak-anak. Jika Tungau sudah menempel di kulit dibutuhkan berbagai cara menghilangkan Tungau di kulit dengan cepat agar gatal dan panas pada kulit tidak semakin parah.

Tungau atau kutu yang lebih sering disebut dengan Tengu ini adalah sejenis binatang kecil yang susah dilihat dengan mata langsung. Jika diperhatikan lebih teliti bentuk Tungau atau kutu ini berbentuk seperti bintik kecil yang berwana merah. Tungau atau Tengu ini biasanya terdapat pada area yang lembab.

Tungau dan cara menghilangkannya

Karena bentuk dari Tungau atau Tengu yang sangat kecil, kadang sangat sulit untuk menghilangkanya. Akan tetapi masih ada cara untuk mengetahui letak Tungau yang menempel pada kulit di area yang sulit dijangkau ini. Biasanya Tengu atau kutu ini akan meninggalkan bekas benjolan yang berwarna merah setelah menggigit, nah disitulah area yang harus Anda lihat, karena disitulah Tungau berada.

Cara menghilangkan tungau

Berikut Cara Menghilangkan Tungau pada Anak dengan bahan alami

1. Getah Nangka

Sebagai pengganti lem, dan informasi dari orang jaman dulu, cara menghilangkan tungau bisa dengan menggunakan getah nangka yang dioleskan pada ujung ranting pohon atau sapu lidi. Kemudian ditempelkan pada area yang gatal yang diduga ada Tungau atau kutu yang menempel pada kulit. Dengan langkah ini kutu atau Tengu akan menempel pada getah nangka tersebut dan kulit jadi terbebas dari kutu ini.

2. Kapur Sirih

Tungau atau Kutu bisa dengan mudah dihilangkan dengan menggunakan kapur sirih yang dioleskan pada area yang gatal atau disekitar kulit yang terkena tungau. Dengan mengoleskan kapur sirih pada area yang terdapat kutu-nya maka akan membuat kulit menjadi dingin dan akhirnya kutu akan dengan sendirinya melepaskan cengkeramannya pada kulit.

3. Mbako

Mbako juga dapat menjadi salah satu alternatif jika menggunakan kapur sirih yang dioleskan pada area yang terkena Tengu tidak berhasil. Cara penggunannya dengan mencampur mbako dengan air secukupnya kemudian dioleskan pada kulit yang terasa gatal karena digigit Tungau.

4. Tepung Jagung

Cara menghilangkan Tungau berikutnya yaitu dengan menggunakan tepung jagung yang bisa mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh Tengu. Dengan mengoleskan tepung jagung secara berkala pada area kulit yang terkena Tungau atau Tengu ini maka lambat laun akan menghilangkan Kutu tersebut. Basuh dengan air bersih kemudian keringkan dengan handuk, maka Tungau atau kutu ini akan lepas dan hilang dari kulit yang sebelumnya terkena Tungau.

5. Batang Padi

Cara menghilangkan Tungau dengan menggunakan batang padi sebagai alternatif untuk menghilangkan Tungau secara paksa yaitu dengan memanfaatkan ujung batang padi yang agak runcing pada salah satu ujungnya atau kalau punya stick untuk pembersih gigi, maka bisa langsung digunakan. Caranya dengan pelan-pelan korek atau cungkil Tungau yang menempel pada area kulit yang terkena Tungau sampai Tungau terlepas. Tapi dengan cara ini perlu berhati-hati agar kulit tidak terluka dan berdarah.

Tps Dan Penyebab Menempelnya Tungau di Kulit

Berikut Beberapa tips untuk mencegah menempelnya Tungau

  1. Usahakan selalu menjaga kebersihan tubuh.
  2. Cucilah rambut bawah dengan sabun atau samphoo ketika mandi.
  3. Usahakan untuk mencukur rambut bawah secara berkala.
  4. Jaga kebersihan pakaian dan lingkungan seperti mencuci bersih setiap pakaian secepatnya.
  5. Secepatnya membersihkan diri setelah bersentuhan dengan hewan.
  6. Selalu bersihkan kasur, bantal, handuk dan selimut secara berkala agar bebas dari kuman dan parasit.

Berikut penyebab tungau menempel pada kulit

  1. Kurangnya jaga kesehatan dan kebersihan tubuh, terutama pada area lembab dan berambut.
  2. Jagalah lingkungan disekitar Anda, agar terjaga kebersihan dan tidak lembab.
  3. Tidak pernah memperhatikan kebersihan pakaian.
  4. Tertular dengan orang yang sebelumnya sudah terjangkit kutu.
  5. Untuk anak-anak pada umumnya tungau dapat muncul karena mereka kurang bisa menjaga kebersihan ketika
  6. bermain di tempat berpasir dan tempat lembab.

Ciri-ciri orang yang terkena tungau adalah sebagai berikut

  1. Rasa gatal yang panas pada kulit yang terkena Tungau.
  2. Ada benjolan merah atau bengkak pada area kulit yang digigit Tungau.
  3. Terkadang rasa gatal juga dapat menyebar ke bagian tubuh lain karena Tengu juga bisa berpidah-pindah.
  4. Dapat menyebabkan lecet dan bengkak jika digaruk terus menerus.

Baca juga : Cara Mengobati Gondongan pada Anak

Tungau ini mudah menggigit siapa saja, terutama orang yang kurang menjaga kebersihan tubuh. Tungau bisa mengenai pada anak-anak hingga orang dewasa yang tidak menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh atau pakaian yang dikenakannya. Untuk itu maka jagalah kebersihan tubuh Anda agar terhindar dari gigitan Tengu. Demikian informasi tentang cara menghilangkan Tungau pada kulit yang semoga bermanfaat buat Anda semua.

× How can I help you?