Cara Menghilangkan Sakit Pinggang Saat Hamil

Kehamilan merupakan moment yang paling berharga dan paling dinantikan oleh wanita setelah menikah. Beberapa pasangan muda melakukan berbagai cara agar si Istri cepat hamil. Untuk Anda yang baru merasakan kehamilan pertama, Anda bisa mempelajari cara menghilangkan sakit pinggang saat hamil. Mengapa demikian? Banyak orang yang merasakan sakit pinggang ketika sedang hamil.

Sakit pinggang bisa terjadi saat hamil usia 5 bulan. Namun, beberapa orang juga mengalaminya ketika usia kehamilan beranjak 7 bulan, bahkan ketika sedang hamil tua. Hal tersebut akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman, bahkan stress. Oleh karena itu, pilihlah cara yang paling tepat dan alami dalam mengatasi sakit pinggang di masa kehamilan.

Cara Menghilangkan Sakit Pinggang Saat Hamil Trimester Pertama dan Hamil Tua

Mengobati Sakit Pinggang Saat Hamil

Sakit pinggang dapat terjadi pada saat trimester pertama usia kehamilan atau pun saat hamil tua. Anda bisa mempelajari cara menghilangkan sakit pinggang saat hamil berikut. Sakit pinggang yang muncul menyebabkan banyak masalah timbul.

Sebenarnya, penyebab sakit pinggang saat hamil adalah karena perkembangan janin yang semakin besar dan perubahan berat badan pada ibu hamil. Depresi dan stress serta kondisi psikologis yang tidak stabil juga bisa menyebabkan sakit pinggang.

Berikut 6 cara menghilangkan sakit pinggang saat hamil

1. Konsumsi makanan berkalsium

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sakit pinggang saat hamil adalah mengkonsumsi makanan berkalsium. Kalsium dan mineral merupakan nutrisi yang sangat penting untuk pembentukan tulang yang kuat. Anda dapat mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung kalsium seperti brokoli, ikan salmon, kacang merah, tahu, wijen, dan lain-lain. Gangguan sakit pinggang saat hamil pun dapat diatasi.

2. Konsumsi air putih cukup dan ditingkatkan

Cara menghilangkan sakit pinggang saat hamil trimester pertama adalah dengan meningkatkan asupan air putih. Wanita yang sedang hamil gemar duduk dalam waktu yang lama. Hal itu membuat mereka beresiko untuk terkena sakit pinggang. Air putih memegang peranan penting untuk menjaga kesehatan otot. Dengan tercukupinya kebutuhan air putih, maka infeksi pada kandung kemih dapat dihindari. Anda pun akan terhindar dari sakit pinggang.

3. Olahraga

Hamil bukan menjadi sebuah alasan bagi seseorang untuk tidak berolahraga. Anda tetap harus berolahraga meskipun sedang hamil. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti yoga ketika hamil 9 bulan. Tidak mungkin kan kondisi hamil 9 bulan melakukan olahraga yang berat. Hal tersebut justru akan membahayakan janin yang sedang dikandung. Pilihlah olahraga yang ringan untuk ibu hamil seperti yoga dan jalan kaki. Dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur, maka otot-otot akan menjadi lebih rileks dan nyeri pinggang akan mereda.

4. Lakukan pemijatan

Cara menghilangkan sakit pinggang saat hamil selanjutnya adalah dengan melakukan pemijatan. Lakukan pijatan secara ringan dengan bantuan suami, anak, atau saudara. Pemijatan yang ringan di bagian kaki dan pinggang akan menghilangkan rasa nyeri pada persendian. Ini akan membuat kondisi Anda menjadi lebih baik.

5. Kompres pinggang

Mengompres ternyata tidak hanya bisa dilakukan ketika Anda sedang mengalami demam saja. Namun, Anda bisa mengompres ketika Anda mengalami sakit pinggang. Kompreslah pinggang Anda dengan menggunakan air dingin atau pun air panas. Keduanya sama-sama memiliki keampuhan dalam meredakan nyeri pada pinggang. Lakukan setiap hari hingga 5 hari dan Anda pun akan merasakan bedanya. Anda bisa berkonsultasi dulu kepada dokter sebelum melakukan teknik ini.

6. Tidur menyamping

Sakit pinggang saat hamil bisa dikarenakan salah posisi tidur. Oleh karena itu, ibu-ibu hamil 5 bulan harus menerapkan cara tidur yang benar. Cara tidur yang benar untuk wanita yang sedang hamil adalah secara menyamping. Dengan tidur menggunakan posisi menyamping, maka nyeri pinggang dapat diatasi.

Beberapa teknik dan cara menghilangkan sakit pinggang saat hamil di atas bisa Anda coba. Jika Anda ragu untuk melakukannya, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Dokter pasti akan memberikan solusi yang terbaik untuk Anda.

Baca juga : Cara Mengobati Demam Saat Hamil

Jagalah kehamilan Anda dengan sebaik-baiknya. Lengkapi kebutuhan gizi dan nutrisi Anda dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Semoga kehamilan Anda menyenangkan dan lancar hingga saat melahirkan tiba